Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Berau (DPRD Berau) dijadwalkan bakal melakukan rapat paripurna penetapan unsur pimpinan definitif yang bakal digelar pada akhir September ini, Senin (30/9/2024).

Dari informasi yang diterima berauterkini.com.id, tiga unsur pimpinan tersebut, yakni Ketua DPRD Berau, Dedy Okto Nooryanto, dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Wakil Ketua I, Subroto, dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Wakil Ketua II,  Sumadi, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal itu dibenarkan Ketua Fraksi Gabungan Demokrat Indonesia Perjuangan, Abdul Waris. Dikatakannya, dalam rapat pembahasan, agenda kegiatan pada 24 September lalu, anggota DPRD Berau telah sepakat, bahwa akhir September ini dilakukan penetapan Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD.

“Benar. Hari Senin (30/9/2024) nanti akan dilaksanakan rapat paripurna internal, pengumuman pimpinan definitif, sesuai surat masuk yang ada di Sekretariat Dewan,” jelasnya.

Lebih lanjut Waris mengatakan, sebagaimana diketahui sesuai undang-undang, bahwa 3 partai politik peraih suara terbesar di pemilihan legeslatif (pileg) pada Februari 2024 lalu akan mendapatkan jatah pimpinan dewan, yakni Nasdem sebagai ketua, Golkar wakil ketua I dan PKS wakil ketua II.

Pada saat pembahasan rapat internal itu juga, sekretaris dewan (sekwan) telah menyampaikan surat masuk dari NasDem sebagai ketua definitif, Dedy Okto Nooryanto, Wakil Ketua I dari Golkar, Subroto, dan Wakil Ketua II dari PKS, Sumadi.

“Meski surat PKS saat itu masih dalam bentuk PDF, tapi surat fisiknya akan masuk hari ini atau besok (27/9/2024).  Kalau tidak ada halangan, Senin mendatang DPRD Berau, akan melakukan paripurna penetapan pimpinan definitif,” katanya

Kemudian, Sesuai PP 12 thn 2018, setalah ditetapkan dalam rapat paripurna selanjutnya akan diusulkan ke bupati atau Pj Bupati Berau, untuk di teruskan ke Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

“Untuk dimintakan SK pimpinan definitif, nanti setelah SK gubernur keluarkan akan dilakukan paripurna istimewa,” jelasnya. (*)