Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Anggaran Beasiswa Berau Cerdas 2024 ditambah sebanyak Rp 2 miliar dari Anggaran Bantuan Tambahan (ABT) 2024 bagi 729 pelajar dan 20 mahasiswa.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Berau, Mulyadi, mengatakan jumlah tersebut berasal dari penerima yang telah mendaftar sebelumnya, namun belum lolos verifikasi berkas.

“Pencairan itu dilakukan secara bertahap melalui pihak perbankan ke rekening penerima masing-masing,” terangnya kepada berauterkini.co.id, di ruang kerjanya, Kamis (26/9/2024).

Realisasi penerima pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Murni 2024, sekitar Rp5 miliar untuk 650 pelajar dan 850 mahasiswa. Tahap pertama tersebut sudah selesai hingga pencairan.

Sedangkan untuk tambahan di ABT, pihaknya belum mengumumkan penerimanya, karena masih dalam tahap mengusulkan surat keputusan (SK) penerima. Kemungkinan pada bulan ini sudah disetujui. Jumlahnya pun masih sama, yakni Rp3 juta untuk pelajar dan Rp4 juta untuk mahasiswa.

“Tinggal menunggu saja. Setelah itu akan kami umumkan dan baru bisa pencairan,” kata Mulyadi.

Pihaknya tidak lagi membuka pendaftaran seperti pada tahap pertama, sebab berdasarkan arahan kepala daerah untuk menerima semua pendaftar pada tahap pertama. Sementara, kekurangannya akan diakomodir pada ABT atau APBD Perubahan (APBD-P).

“Mengingat waktunya yang pendek, kami usahakan di ABT ini secepatnya dilakukan proses melengkapi persyaratan yang kurang,” jelasnya.

Adapun kendala yang banyak ditemui pihaknya adalah rekening penerima yang sudah tidak aktif atau tidak diisi pada saat pendaftaran, terlebih bagi penerima yang masih pelajar.

“Data penerima yang masuk dalam ABT. Kalau ini pun belum dapat dipastikan, apakah rekening penerimanya aktif atau tidak,” ujarnya. (*)