Reporter : Redaksi
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB,- Pulau Manibora beberapa tahun terakhir menjadi tujuan wisata favorit di Kalimantan Timur. Saat berkunjung ke Kabupaten Berau, pasti ada yang mampir sempatkan diri ke Pulau Manimbora.

Popularitas pulau ini berasal dari tampilan naturalnya yang unik. Banyak yang menyamakan pulau ini seperti pulau kecil di kartun Spongebob. Sayangnya, walaupun indah, pulau ini tidak akan bertahan selamanya!

Pulau Manimbora Terancam Serangan Global Warming

Masalah global warming adalah hal yang menakutkan. Ibu Kota Jakarta saja terkena dampak kenaikan level air laut hingga ibu kota harus pindah ke Kalimantan.

Level air laut yang selalu naik mengancam banyak pulau di Indonesia. Terutama pulau dengan kelebihan daya tarik wisata tinggi seperti Manibora ini.

Daerah Berau memang memiliki banyak wisata lain seperti destinasi wisata Derawan dan daerah wisata Maratua. Namun, dua area ini masih lebih aman dibandingkan kondisi Pulau Manimbora.

Jika kamu perhatikan, pulau yang memiliki nama lain Pulau Spongebob Indonesia ini landau. Tidak ada tempat tinggi dan pasirnya datar. Kenaikan air laut beberapa centimeter sudah dapat tenggelamkan banyak area-nya.

Mengingat laut naik setinggi 3,6 milimenter per tahun, diperkirakan pada tahun 2050, pulau ini akan terendam air.

manimbora 2
Pulau Manimbora yang memiliki pasir putih yang indah. (Foto: int)

Pemerintah Belum Melakukan Penanganan yang Serius

Walaupun menjadi destinasi wisata Berau yang populer, pulau Spongebob-nya Indonesia ini terasa dibiarkan saja. Belum ada tindakan nyata dari pemerintah untuk konservasi pulau dari serangan level laut yang naik.

Jika di negara lain, pasti pulau sudah dilengkapi dengan beberapa dinding buatan untuk menjaga level air. Belanda memiliki keahlian atur level air dengan bendungan dan pintu air-nya, Indonesia bisa saja kerja sama untuk hal ini.

Walaupun konservasi penting, sepertinya pemerintah Kalimantan Timur memilih menjaga keindahan alami pulau ini tanpa campur tangan tidak natural. Ide ini bagus untuk jaga keindahan pulau, tetapi di sisi lain terasa sedih karena salah satu pulau indah di Berau ini bisa menghilang di masa mendatang.

Rasanya sangat disayangkan jika anak cucuk tidak bisa lihat pariwisata Berau yang populer ini karena masalah Global Warming.

Manimbora1

Kunjungi Pulau Manimbora Sebelum Hilang Tertelan Level Air Laut yang Naik

Sangat disayangkan jika di masa mendatang salah satu pulau terindah di Berau ini tenggelam ke laut. Maka dari itu, kamu wajib wisata ke sini sebelum pulaunya menghilang!

Manimbora tawarkan banyak keindahan yang tidak ada di pulau lainnya. Pulau unik ini pas untuk bersantai, main pasir putih dan juga berenang di area laut yang tenang.

Kamu juga bisa kunjungi area Biduk-biduk yang dekat dengan area wisata pulau ini. Mampir sebentar tidak masalah, hal yang lebih penting adalah mengingat tampilan asli Pulau Manimbora dengan mata kepala sendiri. Jangan sampai menyesal saat pulau ini tertelan laut karena Global Warming.