Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Di tengah derasnya nama Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Berau, Syarifatul Syadiah, diusung untuk menjadi bakal ketua tim pemenangan bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Gamalis alias SraGam. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Berau, justru memiliki calon sendiri dalam mengambil pucuk tertinggi tim pemenangan partai koalisi nantinya.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPC Demokrat Berau, Syamsul Ma’aruf, mengatakan beberapa pekan lalu pengurus internal Demokrat Berau melangsungkan pertemuan demi membahas arah koalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berau 2024 ini.

Salah satu pembahasannya, yakni mencari calon terbaik untuk mengisi posisi inti di tim pemenangan SraGam.

Dalam rapat itu, Maaruf-sapaan dia, mengatakan kader partai berlogo Mercy tersebut sepakat untuk mengusung dirinya mengisi posisi inti di tim pemenangan.

“Iya, kesepakatan internal usung Ketua DPC-nya untuk jadi ketua tim pemenangan SraGam,” katanya, Selasa (20/8/2024).

Menurutnya, dalam musyawarah partai koalisi mengusulkan nama-nama bakal calon ketua pemenangan hal yang lumrah. Sehingga setiap partai yang bersepakat untuk koalisi, memiliki hak untuk mengajukan calonnya.

“Sudah biasa itu Dinda. Demokratis saja dalam menentukan siapa nanti ketua tim,” ujarnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau periode 2019/2024 itu mengungkapkan, dalam waktu dekat ini partai koalisi akan melakukan pertemuan serius menentukan struktur tim pemenangan. Setelah melalui proses penentuan lokasi sekretariat bersama alias sekber partai koalisi SraGam.

Diketahui, saat ini terdapat setidaknya 6 partai koalisi di tubuh paslon SraGam. Diantaranya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai partai pengusung.

Lalu Golkar, Demokrat, Perindo dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang diketahui baru-baru ini memberikan rekomendasi ke paslon SraGam.

Dari semua partai itu, nantinya akan bekerja melakukan proses penyusunan langkah strategis pemenangan di satu sekretariat.

Dalam situasi itulah akan dirumuskan formula susunan kepengurusan tim pemenangan atau biasa dikenal dengan tim sukses (timses).

“Nanti semua akan dibahas melalui musyawarah mufakat,” ujarnya.

Disinggung ihwal jadwal deklarasi, Maaruf menegaskan, pada pekan ini akan ada kegiatan besar yang dilaksanakan oleh paslon SraGam.

Dipastikan, kegiatan itu ialah jalan santai yang bakal digelar pada 24 Agustus mendatang, bersamaan dengan kegiatan jalan santai yang digelar para relawan.

Sebab, saat ini masih membangun komunikasi intens dengan para ketua partai pendukung SraGam. Belum ada partai yang memastikan jadwal tersebut.

Pihaknya juga menyerahkan keputusan langkah strategis dari bakal calon yang diusung dalam menentukan jadwal deklarasi pasangan SraGam.

“Cuma saya belum garansi agenda itu, sampai saat ini komunikasi ini,” ucapnya meyakinkan awak berauterkini.co.id.

Maaruf hanya dapat memastikan, pasangan SraGam merupakan pasangan pertama yang bakal mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 27 Agustus mendatang.

“Pasti jadi yang pertama, karena semua komponen dan kebutuhan pendaftaran sudah siap,” terangnya. (*)