Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Viral. Beredar video penampakan seekor buaya yang di sebut-sebut berada di sekitar pantai Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, belum lama ini. Menurut Camat Biduk-Biduk Hasmawi, keberadaannya buaya itu jauh dari destinasi wisata Labuan Cermin.

Hanya saja, kata mantan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Berau itu, dari lokasi penampakan buaya tersebut, jaraknya cukup jauh dari destinasi wisata unggulan Labuan Cermin di Kampung Biduk-Biduk.

“Jauh dari Labuan Cermin. Info dari warga, buaya itu di sekitar Labuan Kelambu. Tapi, apakah video itu yang terbaru atau yang lama, belum bisa dipastikan,” ujar Camat Hasmawi, saat dihubungi, Minggu (11/8/2024).

12E BUAYA 1

Meski begitu, dipastikannya untuk objek wisata Labuan Cermin masih aman untuk dikunjungi. Adapun keberadaan buaya, terkadang dilihat motoris ataupun nakhoda kapal di Muara Labuan Kelambu yang jaraknya cukup jauh dari Labuan Cermin.

Muara Labuan Kelambu tersebut, lanjut Hasmawi, merupakan akses keluar masuknya nelayan setelah beraktivitas di laut.

“Di sana (Muara Labuan Kelambu) itu bukan tempat wisata. Hanya tempat keluar masuk perahu nelayan saja,” jelasnya.

“Kalau di sekitar pantai, videonya ada saja. Itu pun sudah jarang,” jelasnya.

Ketika ditanya, untuk jalur masuk menuju Labuan Cermin, apakah masih ditemukan buaya di sana. Dikatakannya, sudah tidak terlihat lagi.

“Sampai saat ini, belum ada info yang kami dengar dari masyarakat sekitar yang melihatnya, baik pengunjung maupun pengelola Labuan Cermin,” tutur Hasmawi. (*)