Reporter : Syaifuddin Zuhrie
|
Editor : Redaksi

Samarinda – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ence Achmad Rafiddin Rizal, secara simbolis menanam benih pala di UPTD PBTP pada Jumat (2/8/2024).

Benih pala yang ditanam adalah Varietas Ternate 1 dari Provinsi Maluku Utara, dengan jumlah keseluruhan mencapai sepuluh ribu benih.

Rizal mengatakan penanaman ini bertujuan untuk memperluas area perkebunan pala sekaligus meningkatkan kualitas dan produksi pala di wilayah Kaltim.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan bahwa pemilihan benih dari Ternate didasarkan pada kualitas unggulnya yang terbukti cocok dengan kondisi tanah dan iklim Kalimantan Timur.

“Kami berharap dengan adanya program ini, produksi pala di Kaltim dapat meningkat signifikan dan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi para petani,” ujar Rizal.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pala serta memberikan nilai tambah bagi para petani setempat.

Sementara Kepala UPTD Produsen Benih Tanaman Perkebunan (PBTP), Mahmud Kahfi, mengatakan penanaman benih pala ini merupakan bagian dari program jangka panjang untuk pemenuhan kebutuhan benih unggul bermutu bagi perkebunan rakyat di Kalimantan Timur.

“Kami ingin memastikan bahwa petani mendapatkan benih berkualitas yang akan menghasilkan panen melimpah dan berkualitas tinggi,” tambah Kahfi.

Diharapkan hasil dari penanaman benih pala ini dapat memenuhi target produksi dan berkontribusi signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal. Program ini menjadi salah satu langkah strategis dalam mencapai kesejahteraan petani dan penguatan sektor perkebunan di Kaltim. (*)