Foto: Jalan poros Tanjung Batu yang terendam banjir beberapa waktu lalu.

TANJUNG REDEB, – Kerap terendam banjir, akses jalan menuju Tanjung Batu akan segera ditingkatkan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Berau, Taupan Madjid mengatakan, akses utama ini dinilai prioritas mengingat jalan menuju gerbang wisata bahari andalan Berau.

Titik di kilometer 8 Kampung Tanjung Batu, diketahui kerap terendam banjir saat hujan turun dan memutus akses transportasi.

Taupan menyebutkan, status jalan nasional dan menjadi kewenangan pusat telah dikonfirmasi akan mendapat kucuran angaran sebesar Rp 22 miliar tahun ini.

“Anggarannya sudah ada. Tinggal kita lakukan perencanaan untuk peningkatan jalan tersebut,” jelasnya.

Pihaknya telah menghubungi kontraktor dan akan melakukan rapat pembahasan penanganan banjir.

Anggaran tersebut akan difokuskan pada penanganan yang dinilai perlu segera dibenahi, termasuk dengan membanhun penunjang jalan berupa gorong-gorong dan drainase.

“Saat banjir terakhir, kami ada saat banjir terakhir kami langsung berkoordinasi dengan balai jalan. Ini akan langsung ditangani,” tuturnya.

Selain peningkatan jalan yang sudah ada, pihaknya juga berencana untuk kembali membangun jalan alternative menuju Tanjung Batu.

Diakuinya jalan yang nantinya akan dibangun akan memotong sehingga membuat perjalanan menjadi lebih singkat.

“Nanti akan menghubungkan dari kampung-kampung sehingga jalan akan lebih singkat jika dibanding dengan jalan yang ada saat ini,” tandasnya. (*)