Foto: Gedung Dinas Pendidikan Berau

TANJUNG REDEB, – Fasilitas pendidikan terus dibangun. Tidak hanya pada wilayah perkotaan dan kecamatan, tetapi hingga wilayah terpencil. Seperti Kawasan Adat terpencil (KAT). Pembangunan sekolah, masuk dalam usulan  Musrenbang Kecamatan Gunung Tabur baru-baru ini.

Kepala Dinas pendidikan berau, Murjani mengatakan, ada peningkatan jumlah calon siswa-siswi yang harus difasilitasi. Seperti dicontohkan, usulan dari Kampung tasuk, untuk membangun 1 sekolah SMP. pasalnya, sejak lama jenjang pendidikan SMP di kampung ini menumpang pada bangunan sekolah SD 01 Tasuk.

“Ya ada usulan untuk pembangunan SMP, dan sebenarnya kegiatan itu sudah terlaksana,” jelasnya.

Karena peningkatan rombongan belajar, maka muncul usulan untuk membangun fasilitas sendiri khusus untuk SMP.  Ia mengatakan pembangunan tersebut sudah berjalan, yakni sudah membangun sebanyak minimal 3 ruang belajar untuk kelas 1-3. Sejauh ini, usulan pembangunan di SMP Tasuk tersebut sudah diakomodir sari tahun lalu.

“Banyak kegiatan yang dilaksanakan di tahun ini, dari mulai pembangunan untuk penambahan sekolah, adapun pelengkap bangunan lain, misalkan ada pembangunan lab sekolah,” tuturnya.

Selain itu, ia menuturkan, telah menemukan titik temu aset tanah dari Komunitas Adat Terpencil yang berada Birang.

Sebelumnya, Bupati Sri Juniarsih menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan untuk membentuk sekolah di wilayah KAT, dan tahun ini dipastikan Dinas Pendidikan akan mulai terlaksana.

Menurutnya, untuk KAT, akan segera dibangunkan satu sekolah SD. Namun untuk saat ini, masih berproses pada pembangunan. Sebelumnya upaya dilakukan untuk melegalisasi lahan untuk sekolah.

“Lahan sudah selesai tinggal membangun sekolahnya lagi,” tutupnya. (*)

Editor: Rengkuh