TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih, menjelaskan lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk mencari pegawai terbaik di “Bumi Batiwakkal”.

Bupati menyatakan, proses lelang Jabatan Pratama hingga Madya, merupakan proses yang diwajibkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hendak naik jabatan.

Kendati menjadi bahan obrolan di lingkungan dinas saat ini, Umi Sri – sapaan Sri Juniarsih, menyatakan proses itu telah menjadi standar masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Berau untuk mendapatkan pegawai yang kompeten di bidangnya.

“Saya sudah sering mendengar selentingan ini, makanya harus disampaikan,” ujar Umi Sri, dalam agenda pelantikan pejabat struktural, guru dan PPPK, di Balai Mufakat, Jumat (22/3/2024).

Menurutnya, proses lelang jabatan yang dijalankan saat ini merupakan agenda yang sesuai dengan regulasi yang berlaku tentang ASN.

Meskipun dalam penentuannya tetap melalui musyawarah bersama antara pejabat tinggi di daerah, termasuk sekretaris daerah.

“Ini berdasarkan regulasi yang ada dan bukan mengada-ada,” ujarnya.

Ditegaskan, sebagai kepala daerah tidak ingin menempatkan seorang pejabat yang hanya melalui pertimbangan kedekatan emosional atau bahkan berdasarkan usulan tim sukses saat pemilihan kepala daerah.

“Yang saya inginkan adalah betul-betul pegawai yang berkompeten di bidangnya,” tegasnya.

Harapannya, dari pola tersebut akan berdampak baik terhadap capaian kinerja setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Pejabat yang telah lolos dalam proses seleksi, merupakan pegawai terpilih yang memiliki loyalitas terhadap pemerintah daerah.

“Ini untuk memperbaiki iklim perekrutan ASN di internal pemerintahan,” tuturnya.

Ke depan, tidak ada lagi ASN yang diberikan jabatan berdasarkan emosional. Pegawai pun diharapkan dapat bekerja serius dan menciptakan prestasi yang baik dengan jaminan promosi jabatan yang sesuai dengan hasil kinerja di OPD.

“Jadi, memang tidak sekadar formalitas saja,” katanya.

Saat ini, diakuinya, telah mengantongi rapor hasil kinerja setiap pegawai yang telah mendapatkan mutasi maupun yang masih bekerja di dalam internal OPD yang nantinya akan menjadi rujukan untuk memberikan apresiasi kepada setiap ASN di Berau.

“Saya sudah kantongi semua rapor ASN di Berau, khususnya yang diberikan kesempatan mutasi,” ungkap Bupati Sri Juniarsih. (*/ADV)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h