TANJUNG REDEB – DPD II Golkar Berau sebagai peraih suara terbanyak kedua dalam Pemilu 2024 dengan jumlah 19.377 suara, mengku dipinang  politisi lokal untuk bareng bekerja sama dalam kontestasi Pilkada 2024, 27 November mendatang, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saat dikonfirmasi, Ketua DPD II Golkar Berau, Andi Amir Hamsyah, mengaku pihaknya beberapa waktu lalu didatangi para petinggi DPD PKS Berau untuk menjalin silaturahmi.

Tak ingin menutup-nutupi informasi, Andi Amir – sapaan Andi Amir Hamsyah, menyatakan pertemuan kedua partai yang masuk lima besar pemenang suara Pemilu 2024 membahas soal pinangan PKS Berau untuk berpasangan di Pilkada nantinya.

“Iya, barusan kami ada pertemuan. Judulnya silaturahmi saja. Tapi serius bahas politik elektoral ke depan,” ucapnya kepada berauterkini.co.id, belum lama ini.

Merujuk pada hasil Pemilu 2024 lalu, kedua partai besar di “Bumi Batiwakkal” tersebut diketahui memiliki tiket yang cukup untuk mengusung pasangan calon.

Golkar Berau dengan 19 ribu suara, dipastikan memiliki 4 kursi di parlemen Berau. Sementara, PKS pun dengan jumlah yang sama, dengan raihan suara sebanyak 18.435 suara.

Sementara, dalam minimal kursi pengusung pasangan calon kepala daerah di Berau, cukup mengantongi sebanyak 20 persen dari 30 total kursi atau setara 6 kursi. Bila dijumlah, kedua partai tersebut aman di posisi 8 kursi.

“Tapi ini masih masa penjajakan. Kami berterima kasih dengan teman-teman PKS yang telah mengajak koalisi,” ucapnya.

Sebelum jauh melangkah, Andi Amir menegaskan, bila saat ini pihaknya masih akan melakukan pertemuan internal terlebih dahulu dalam menyusun strategi pemenangan pada kontestasi pilkada mendatang.

Dibeberkan, di dalam internal partai Golkar, sebelumnya namanya bersama Syarifatul Sya’diah digadang-gadang akan diberikan rekomendasi untuk maju di pilkada, atas raihan pemilu saat ini, Andi Amir menyebut, kondisi di internal berubah.

Teranyar, nama Subroto yang mengantongi suara di Dapil III dengan raihan 2.790 suara, turut diperhitungkan untuk mendapatkan rekomendasi DPP Golkar untuk maju di pilkada.

“Nah, Subroto suaranya besar daripada saya. Namanya juga muncul sebagai calon yang akan akan diusung oleh Golkar,” terangnya.

Menegaskan posisi Golkar Berau, Andi Amir menyampaikan, bila secara resmi pengurus DPD II Golkar Berau akan mengumumkan calon dari Golkar pasca Hari Raya/Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi alias April mendatang. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h