TANJUNG REDEB – Kurang lebih 2 bulan tidak terlayani pos pelayanan terpadu (posyandu), Kepala Kampung (Kakam) Long Ayan, Kecamatan Segah, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memberi fasilitas mobil ambulans.

Menurut Kepala Kampung Long Ayan, Hardiansyah, sudah 2 bulan tidak ada kegiatan Posyandu yang melayani balita maupun lansia di Kampung Long Ayan, Kecamatan Segah, karena tidak ada petugas kesehatan yang datang.

“Padahal saat ada jadwal posyandu, antusias masyarakat itu sangat tinggi, bahkan sampai kepanasan. Tapi sia-sia, karena tidak ada petugas yang datang,” ungkap kakam Hardiansyah, kepada berauterkini.co.id, Senin (4/3/2024)

Diakui, para petugas kesehatan tidak bisa datang karena mereka tidak memiliki mobil operasional untuk menuju kampung. Padahal, di kampungnya sudah ada program kampung sayang lansia.

Karena itu, pihaknya juga meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, supaya bisa memberi fasilitas ambulans kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) induk, agar bisa melayani kesehatan di kampungnya.

Terlebih jarak ke Long Ayan hanya sekitar satu jam saja. Menurutnya, menggunakan roda dua tidak akan mampu membawa alat-alat kesehatan.

Menanggapi hal itu, Kelapa Dinkes Berau, Lamlay Sarie, mengatakan pihaknya akan terus berusaha mendekatkan akses pelayanan kesehatan primer kepada masyarakat.

Disamping itu, pihaknya akan sangat terbantu jika akses jalan dan air bersih bisa terpenuhinya diseluruh kampung di Kecamatan Segah.

Apalagi, di Kecamatan Segah hanya ada dua PKM, yakni PKM Tepian Buah yang termasuk daerah terpencil dan PKM Long Laai, termasuk kawasan sangat terpencil.

Informasi yang disampaikan kepala kampung tentunya menjadi bahan evaluasi pihaknya untuk terus berbenah diri.

“Kami juga meminta kepada masyarakat di Kampung untuk bisa melaporkan jika ada nakes (tenaga kesehatan) yang jarang masuk, terutama nakes yang ada di PKM pembantu (Pustu),” imbuhnya.

Dinkes Berau telah mengalokasikan bantuan jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu dengan anggaran kurang lebih 3,6 miliar miliar.

“Ada juga alokasi untuk pembangunan rumah tenaga kesehatan untuk PKM Long Laai serta rehab total Pustu Punan Malinau,” jelasnya. (*)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h