Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih. 

TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih berencana kembali melakukan mutasi jabatan sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Berau. Mutasi jabatan itu juga nantinya akan dibarengi dengan pengumuman hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk 5 jabatan kosong.

Lima posisi JPTP itu adalah, Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian, dan Dinas Pendidikan (Disdik).

“Untuk sementara ini, masih penggodokan. InshaAllah, di Desember ini (Mutasi jabatan) sekaligus pengumuman hasil JPTP,” katanya singkat.

Sementara itu, Sekda Berau Muhammad Said, yang juga  Ketua Panitia Seleksi JPTP mengatakan, tahapan kali ini sudah memasuki tahap presentasi makalah. Dan selanjutnya peserta melakukan proses assessment dan wawancara akhir.

“Kami berharap, itu segera selesai paling tidak di Desember ini, sudah bisa dilakukn pengisian. Karena tahapan juga seleksinya cukup panjang,” terangnya.

Kemudian, ketika ditanya terkait mutasi jabatan, seperti promosi jabatan dan pergeseran kepala bidang, maupun fungsional. Said menerangkan, sejauh ini untuk posisi yang kosong tidak terlalu banyak.

Apalagi kata dia, saat ini cukup banyak jabatan yang difungsionalkan. Karena ketika ada orang atau ASN yang difungsionalkan, dan ASN tersebut pindah atau dilakukan promosi, maka jabatan tersebut akan hilang.

“Sehingga kemudian, dengan prinsip kami melakukan upaya (Rotasi) itu, dalam rangka penyegaran,” jelasnya

Namun, mantan Kepala Bapenda Berau ini enggan menyebut posisi mana yang berpotensi dirotasi, apabila penyegaran dilakukan.

“Saat ini jabatan belum terlalu banyak yang kosong, jadi kami menyesuaikan saja. Ketika nanti ada yang pensiun, baru diisi. Sepanjang jabatan tersebut masih jabatan struktural,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan