Foto: Kadisnakertrans Berau Zulkifli Azhari

TANJUNG REDEB,-  Saat ini para pekerja dituntut harus memiliki kemapuan diatas rata-rata untuk bisa bersaing di dunia kerja. Sebab, jika tak diimbangi dengan kemampuan diri, pekerja lokal bakal tergerus oleh pekerja dari luar maupun pekerja asing.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Disnakertrans Berau, Zulkifli Azhari menuturkan, sepanjang tahun pihaknya rutin melakukan peningkatan tenaga kerja lokal yang ada di Kabupaten Berau. Baik tenaga kerja lokal yang sudah memiliki skill maupun masih non skill.

Hal ini dilakukan agar pekerja lokal tidak kalah saing dengan tenaga kerja dari luar. Disisi lain, pelatihan yanh diberikan menjadikan tenaga kerja lokal menjadi pilihan utama oleh perusahaan ketimbang tenaga kerja luar.

“Kita rutin melakukan pelatihan-pelatihan di sepanjang tahun 2023 ini,” ungkap Zulkifli.

Lanjutnya, pihak Disnakertrans juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Berau untuk bekerjasama dengan lembaga pelatihan supaya bisa mengupgrade kemampuan tenaga kerja agar bisa terus meningkat.

Setiap tahun, disebutnya, pelatihan bisa mencapai 100 kali untuk berbagai bidang, baik di sektor formal maupun non formal.

“Kami tentunya meminta perusahaan untuk lebih sering melakukan peningkatan SDM tenaga kerja agar bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja,” ujarnya.

Dirinya berharap, Tahun 2024 mendatang, dengan meningkatnya APBD Berau juga bisa menambah jumlah pelatihan yang bisa dilakukan oleh Disnakertrans. Untuk menekan angka pengangguran di Bumi Batiwakkal.

“Semoga sesuai harapan kita anggaran yang diberikan bisa meningkat dan kita bisa memfasilitasi tenaga kerja lokal dan menekan angka pengangguran di Berau,” tutupnya. (*)

reporter: Dini Diva Aprilia