Foto: Suasana Jalan Maratua. 

TANJUNG REDEB- Tahun 2024 mendatang, jalan di Pulau Maratua akan dapat penerangan. Hal itu disampaikan Bupati Berau Sri Juniarsih, kala membuka acara Marstua Jazz & Dive Fiesta, Jumat (24/11/2023) kemarin.

Saat ini, hampir sepanjang jalan Maratua hingga wilayah pemukiman penduduk tidak memiliki penerangan jalan yang maksimal.

Dikatakan Sri, Pemkab Berau sudah menganggarkan di APBD Murni 2024 untuk penerangan jalan umum (PJU) semua akses utama jalan Pulau Maratua, terutama akses jalan di sekitar pemukiman.

“Di Murni 2024 nanti, saya sudah minta agar PJU di sepanjang jalan Maratua dianggarkan. Jadi jalan di Maratua ketika malam itu tidak gelap lagi,” jelasnya.

Selain itu, dia juga mengatakan Pemkab Berau terus berupaya meningkatkan transportasi di Pulau Maratua. Sebenarnya kata Sri, untuk pembangunan di Maratua sudah cukup meningkat.

Bahkan, beberapa tahun lalu, untuk mengakses satu kampung menuju kampung lain di Maratua harus menggunakan perahu. Namun, sejak kepemimpinan (Alm) Muharram, dan diteruskan olehnya Maratua terus mengalami peningkatan insfrastruktur.

“Dulu harus pakai kapal kelotok untuk bepergian dari kampung satu ke kampung lainnya. Dengan kepemimpinan Almarhum Muharram sewaktu jadi bupati, dan saya teruskan sampai sekarang, jalan Maratua kami tingkatkan dari ujung keujung,” paparnya.

Program pembangunan dipastikannya akan terus berlanjut di Maratua. Apalagi, pulau tersebut merupakan destinasi wisata mancanegara.

“Tentu semua fasilitas akan kita tingkatkan semua. Hanya saja bertahap, tidak bisa dilakukan sekaligus,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan