Foto: Atlet layar berau kala mengikuti Porprov Kaltim 2022 lau.

TANJUNG REDEB- Setelah hampir setahun menunggu, akhirnya bonus atlet Porprov Kaltim 2022, segera diserahkan pada Minggu (26/11/2023) sore. Penyerahan bonus itu akan dilakukan langsung oleh Bupati Berau Sri Juniarsih, kepada atlet penerima secara simbolis pada pukul 16.00 di GOR Pemuda, Tanjung Redeb.

Kasi Bina Prestasi dan Organisasi Keolahragaan, Dispora Berau, Abdul Haris mengatakan, bonus atlet yang akan diserahkan itu tidak hanya terdiri dari atlet peraih medali di Porprov Kaltim 2022 saja. Tetapi ada juga atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan atlet Korpri yang bertanding mewakili Kabupaten Berau.

Hanya saja, dari 3 kategori atlet peraih bonus tersebut, terbesar adalah atlet Porprov. Lantaran jumlah atletnya dan medalinya jauh lebih banyak dari kedua atlet di kategori lainnya.

“Bonus untuk Porprov itu sekira Rp 31,7 miliar, sementara untuk bonus Popda sekira Rp 200 juta lebih. Paling sedikit itu bonus atlet Korpri karena hanya beberapa orang saja yang meraih medali,” jelasnya.

Haris juga mengatakan, meskipun penyerahan dilakukan pada Minggu sore, namun pencairannya akan mulai diproses pada Senin (27/11/2023).

“Hari Minggu sore itu, hanya penyerahan secara simbolis saja. Senin baru kita mulai salurkan,” katanya.

Dia jug menyebut, penerima bonus terbesar adalah medali emas Porprov perorangan yakni berkisar Rp 50 juta, perak Rp 25 juta, dan perunggu Rp 15 juta.

“Kalau tidak salah segitu. Namun jumlah itu masih jumlah kotor, karena belum dipotong pajak. Karena pajak ini ditanggung oleh peraih bonus. Misalnya medali emas Rp 50 juta, diterima atlet mungkin sekira Rp 47 juta,” paparnya.

Ketika ditanya, mengenai nasib bonus atlet yang belum lengkap atau belum rampung menyerahkan datanya. Haris menyebut, atlet tersebut akan tetap diupayakan dicairkan, selama ada upaya untuk melengkapinya.

Dia juga mengatakan, untuk atlet yang belum lengkap menyerahkan datanya, hanya beberapa orang saja.

“Kalau tidak salah ada 10 orang lagi atlet yang belum lengkap. Mau tidak mau kita tinggal dulu. Tapi misalnya kalau melengkapi hari Minggu itu, tetap akan dicairkan. Yang penting segera melengkapi berkasnya. Kalau lengkap dicairkan,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan