KUKAR,- Menyiapkan Pabrik Pakan Ikan di Loa Kulu Ketersediaan pakan ikan yang terjangkau dan bermutu masih menjadi kendala pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Situasi ini disebabkan, seluruh pasokan pakan masih didatangkan dari luar pulau Kalimantan.

Mengatasi persoalan tersebut, Pemkab Kukar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar merencanakan pembuatan pabrik pakan ikan.

“Lokasinya direncanakan di Kecamatan Loa Kulu. Karena daerah itu dekat dengan sentra budidaya ikan dan jalur utama Kaltim,” ungkap Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian, Disperindag Kukar, Arbain, kepada awak media ini, pada Senin, 6 November 2023.

Arbain menjelaskan, rencana pabrik itu akan dibangun 2024 mendatang. Mempersiapkan hal tersebut, Disperindag Kukar terus memastikan sejumlah persyaratan. Mulai dari lahan, perizinan sampai penelitian.

“Lahan yang kami siapkan sekitar 2 hektare di Kecamatan Loa Kulu,” katanya.

Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kukar dan akademikus dari perguruan tinggi juga akan dilibatkan dalam perencanaan pembangunan. Arbain mengutarakan, mereka akan terbangun dalam tim peneliti awal untuk menentukan spesifikasi pembangunan pabrik pakan ikan. Termasuk kelayakan dan estimasi biaya pembangunan.

Arban menilai, rencana pembangunan pabrik pakan ikan ini akan membawa dampak nyata. Pembudidaya tidak akan bergantung lagi dengan pakan dari luar yang harganya tinggi. Produk perikanan akan lebih bermutu dan harganya lebih bersaing.

“Ini juga bagian dari target jangka panjang menyiapkan sektor perikanan dan pangan di Kukar menyuplai kebutuhan IKN (Ibu Kota Negara Nusantara),” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)