KUKAR,- Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono bangga salah satu desa di wilayahnya, Bhuana Jaya mewakili Provinsi Kaltim dalam Apresisiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa 2023. Ajang yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) pusat ini memasuki tahap akhir yakni visitasi.

Diketahui, ada 116 desa yang masuk nominasi keterbukaan informasi publik ini. Desa-desa itu dibagi dalam tiga zona. Yakni zona barat, tengah dan timur. Desa Bhuana Jaya masuk dalam zona tengah mewakili Provinsi Kaltim.

“Yang jelas Desa Bhuana Jaya mewakili Kaltim terkait keterbukaan informasi publik, itu kan tidak semuanya (desa) melakukan,” ujar Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, Selasa, 14 November 2023.

Tego menjelaskan, ada banyak hal dilakukan Pemerintah Desa Bhuana Jaya mendukung keterbukaan informasi publik. Baik melalui website desa, grup percakapan WhatsApp dan Facebook.

Di semua kanal itu, pemerintah desa bisa membagikan informasi publik kepada warganya. Mulai dari informasi gotong royong dan sumbangan.

Tak sampai di situ, pemerintah desa Bhuana Jaya, terang Tego juga membagikan informasi pembangunan infrastruktur untuk mengetahui dari mana dan siapa yang mengerjakan proyek di desa.

“Jadi masyarakat dapat informasi melalui satu pintu di Desa Bhuana Jaya,” lanjut Tego.

Sebagai informasi, visitasi dari Komisi Informasi pusat sudah berjalan di Desa Bhuana Jaya, Senin, 13 November 2023. Kunjungan penilaian ini berpusat di Kantor Desa Bhuanan Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Pemerintah desa dan kecamatan menjelaskan bagaimana mereka mengelola sistem keterbukaan informasi publik di Desa Bhuana Jaya. (adv/diskominfokukar)