KUKAR,- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik kepala desa pergantian antar waktu Desa Kota Bangun Seberang sisa masa jabatan 2022-2028. Tampuk kepemimpinan kini dipegang Yusuf menggantikan kades sebelumnya, Abdul Khair yang telah menghadap ilahi.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Halaman Balai Pertemuan Umum Desa Kota Bangun Seberan, Jumat, 10 November 2023, Bupati Edi menitipkan pesan khusus kepada Yusuf. Bupati meminta agar Yusuf gerak cepat. Mengingat, tahun anggaran 2023 tinggal beberapa minggu saja.

“Jadi harus mempersiapkan rencana tahun 2024 agar ada persiapan bersama dengan BPD dan ketua RT untuk melakukan evaluasi yang bersangkutan dengan kepentingan masyarakat dalam melakukan perbaikan dengan cepat”, tegas Bupati Edi

Bupati juga meminta kepala desa fokus merencanakan dan mengembangakan potensi desa. Apalagi, saat ini Indeks Desa Membangun (IDM) di desa Kota Bangun masih berkembang.

Kades, terang bupati diminta bersinergi dengan OPD di lingkungan Pemkab Kukar dalam setiap perencanaan pembangunan. Langkah ini agar indikator-indikator pembangunan yang disusun dalam IDM bisa terpenuhi dan tidak ada tumpang tindih kewenangan.

“Sehingga variabel – variabel indeks tersebut bisa terpenuhi dengan baik. Dengan harapan dari desa berkembang bisa masuk kategori maju dan mandiri,” kata Edi.

“Yang harus dipegang adalah konsistensi jangan berubah – ubah. Memang bekerja ini tidak hanya selesai begitu saja banyak tahapan yang harus dilalui dengan melalui musyawarah yang baik ditingkat desa”, sambungnya.

Apalagi, lanjut Edi menjelaskan, saat ini fokus pemerintah adalah penanganan kemisikinan dan mengangkat derajat kehidupan warganya. Ia mengingatkan perbaikan data menjadi salah satu indikator untuk menentukan perbaikan kualitas hidup warga. Termasuk basis data penyaluran program dan bantuan.

“Jangan sampai ada warga yang berhak namun tidak mendapatkan haknya ditutupi warga yang tidak berhak menerimanya. Kroscek data dan update data ini dengan baik jangan sampai keliru”,pintanya.

Kades Yusuf berterima kasih atas kepercayaan masyarakat desa Kota Bangun Seberang untuk melanjutkan pembangunan Di Desa .

“Mari kita bergandengan tangan bahu – membahu rapatkan barisan untuk membangun demi kemajuan kita bersama, apalah arti seorang kades kalau tanpa dukungan masyarakat. Semoga saya bisa menjaga dan menjalankan amanah sebagai Kades kota Bangun Seberang agar lebih maju”, pungkasnya. (advdiskominfokukar)