KUKAR,- Bupati Kukar, Edi Damansyah membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten, Jumat, 10 November 2023 malam. Pembukaan berlangsung meriah dengan pemukulan alat musik Gimar disambung dengan letusan kembang api.

MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Kukar selama beberapa tahun terakhir. Mulai dari tingkat sekolah, desa, kecamatan hingga kabupaten.

Bupati Kabupaten Kukar, Edi Damansyah, menekankan bahwa kecamatan dengan pembinaan yang baik akan meraih prestasi terbaik.

Dia mengingatkan bahwa MTQ harus menjadi momen untuk merenung, dan para camat perlu menanamkan kesadaran bahwa keberhasilan kecamatan tergantung pada prestasi yang dicapai dalam pembinaan tilawatil Quran.

Bupati juga menekankan bahwa pelaksanaan MTQ tidak boleh hanya sebagai tanggung jawab formal, melainkan harus menjadi lebih dari itu.

Edi menjelaskan bahwa MTQ memiliki keterkaitan dengan syiar agama, syiar Islam, dan syiar Quran. Pemkab Kukar melalui MTQ terus mendorong semangat umat Muslim dalam memahami agama dan membaca Alquran.

“Para Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat kecamatan dan kabupaten memiliki peran besar dalam mendorong dan mengembangkan pembinaan tilawatil Quran di daerahnya. Itulah tugas mereka,” tambahnya.

Apalagi, Kukar telah meraih prestasi dengan menjadi juara umum MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur selama enam kali berturut-turut. Edi menegaskan perlunya konsistensi dalam pembinaan tilawatil Quran di Kukar agar prestasinya terus meningkat.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kukar atas dukungannya. Program “1 Desa 1 Hafiz Quran” akan terus ditingkatkan dengan memberikan beasiswa kepada Hafiz dan Hafizah berprestasi. Program dai masuk desa juga akan terus dilakukan untuk pembinaan agama di desa-desa.

Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, menyatakan kebanggaannya sebagai tuan rumah MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2023. Meskipun sebagai kecamatan baru dengan anggaran terbatas, mereka berkomitmen memberikan yang terbaik dalam menyelenggarakan kegiatan MTQ untuk memajukan syiar agama Islam.

Zulkifli menyambut kafilah dari 19 kecamatan lainnya dengan harapan agar semua peserta dapat bersaing secara sportif dan mempererat tali silaturahmi antar kecamatan demi memajukan MTQ di Kabupaten Kukar.

Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar ke-44 diwarnai dengan penabuhan gimar dan letusan kembang api oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama tokoh-tokoh terkait lainnya. Piala umum MTQ, sebelumnya diraih oleh Kecamatan Loa Janan, diserahkan kepada Kecamatan Kota Bangun Darat. (advdiskominfokukar)