Foto: Kadispora Amiruddin

TANJUNG REDEB- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau memberikan tenggat kepada pengurus cabor, untuk segera melengkapi berkas atlet peraih bonus Porprov hingga Sabtu (18/11/2023) mendatang.

Pasalnya, berkas tersebut akan segera diserahkan ke bagian hukum Setkab Berau untuk dibuatkan surat keputusan (SK) Bupati. Hal itu disampaikan Kepala Dispora Berau, Amiruddin, usai melakukan rapat terkait pencairan bonus Porprov, dengan Kejaksaan Negeri Berau dan Polres Berau.

“Sabtu nanti kami tunggu. Kalau sudah terkumpul, Senin (20/11/2023) akan diserahkan ke bagian hukum untuk dibuatkan SK Bupati karena harus segera dicairkan,” ujarnya, Kamis (16/11/2023)

Dikatakannya, adapun mekanisme pencairan bonus Porprov Kaltim 2022, sudah menggunakan mekanisme yang sesuai. Yakni berdasarkan data atlet peraih medali dari KONI Provinsi, disertai dokumen tanding. Kemudian menggunakan rekening BPD Kaltimtara, dan kelengkapan identitas diri.

Skema itu kata dia, juga sama digunakan di Kukar, Samarinda dan Dispora Provinsi dalam menyalurkan bonus PON, SEA Games, dan bonus lainnya.

“Tidak ada masalah pencairan bonus Porprov di daerah itu. Krena data mereka lengkap,” katanya.

Adapun cabor yang belum lengkap datanya, sudah dihubungi dan diminta segera menyerahkan pada Sabtu nanti, sesuai hasil rapat. Adapun data atlet yang belum lengkap dikatakannya, terjadi di beberapa cabor.

Data yang belum lengkap tersebut seperti, belum adanya data pendukung bahwa atlet tersebut benar-benar meraih medali. Dicontohkannya, ada SK Penetapan pemenang Porprov berjumlah 20 atlet, tiba-tiba yang diusulkan menerima dari cabor tersebut sebanyak 25 atlet. Sehingga datanya menjadi tidak sesuai.

“Lima orang ini dari mana. Tentukan jumlah ini harus didukung, dengan data dan dokumentasi pertandingn yang jelas. Karena dispora dalam hal ini, tidak berkapasitas menambahi ataupun mengurangi. Karena SK pemenang ada di provinsi,” terangnya.

“Kalau misalnya mereka bertanding, mana dokumen pertandingannya. Mana surat keterangan dari provinsi hitam diatas putih. Supaya bisa diinput. Karena, kami hanya menerima atlet yang ada di SK Pemenang berdasarkan hasil pertandingan dari KONI Provinsi,” paparnya.

Kondisi ini pun kata Amir, menjadi salah satu kendala dalam pencairan. Terutama dalam hal pemberkasan. Sehingganya, pihaknya telah memutuskan, semua kekurangan berkas dari cabor, dapat dilengkapi maksimal pada Sabtu mendatang.

Pihaknya pun tidak menerima lagi perpanjangan waktu. Karena, saat ini waktu pencairan sudah semakin tipis, mengingnat akan segera pergantian tahun.

“Jadi yang lambat, akan ditinggal. Jangan sampai mereka yang lambat mengganggu yang sudah mengumpul. Kasihan yang lain, mereka yang sudah lengkap, terhambat gara-gara yang belum lengkap,” terangnya.

Ketika ditanya, atlet yang terlambat menyerahkn berkas, bagaimana nasib bonusnya? dia mengatakan tidak tahu soal itu. Sebab, ini bukan kesalahan Dispora ataupun pemerintah daerah.

“Sekarang ini, uangnya ada, tinggal berkas atletnya lagi. Mau melengkapi atau tidak,” pungkasnya. (*/)

Reporter: Hendra Irawan