KUKAR,- Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid mengajak seluruh Ketua RT di wilayahnya kompak menyukseskan program Kukar Idaman. Program yang diinisiasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin ini begitu memberi manfaat bagi RT.

Salah satunya, program Rp 50 juta per RT di seluruh Kukar. Program ini dinilai dapat memberdayakan dan memberi warna percepatan pembangunan fisik dan sumber daya manusia di RT.

“Terus jaga kekompakan dan kebersamaan untuk tegak lurus mendukung Program Dedikasi Kukar Idaman,” ungkap Rasyid begitu ia karib disapa.

Agar program ini tepat sasaran dan tidak ada kendala, Rasyid berinisiatif menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur desa dan pengurus RT di wilayahnya.

Khusus bagi RT, di 2023 ini, sempat diadakan pelatihan pengelolaan administrasi keuangan. Bimtek yang berlangsung 8 Oktober 2023 lalu ini diikuti 49 Ketua Rukun Tetangga (RT) dan 10 dusun

“Langkah ini agar segala laporan program pembangunan akuntabel dan tepat sasaran,” ujarnya.

Selain itu, Rasyid juga berharap, bimbingan teknis mengatasi masalah pelaporan keuangan yang selama ini masih jadi kelemahan.

“Harapannya, tidak ada lagi Ketua RT di Batuah yang tertinggal dalam administrasi keuangan,” kata Rasyid.

Selain Bimtek pengelolaan administrasi keuangan, Desa Batuah juga telah membentuk tim percepatan aset desa.

Tak ketinggalan, mereka juga melakukan orientasi lapangan ke Desa Cibiru Wetan di Kabupaten Bandung. Desa itu dipilih karena masuk nominator desa anti korupsi dan keterbukaan informasi publik. (advdiskominfokukar)