KUKAR,- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bisa terus ditingkatkan.

“LPM tidak hanya sekedar lembaga. Tetapi seharusnya memiliki peran aktif di tengah masyarakat,” harap Bupati Edi ketika menghadiri Bulan Bakti Gotong Royong ke XX tingkat Provinsi Kaltim di Lapangan Bola Kecamatan Muara Badak, Kamis, 19 Oktober 2023.

Agenda hari itu dihadiri ratusan pengurus LPM di seluruh kabupaten kota di Kaltim.

Bentuk penguatan itu, terang Edi lewat sinergi antar seluruh perangkat desa serta mengevaluasi peran dan fungsi di wilayah masing-masing.

“Sinergi yang di harap seperti tagline kita betulungan etam bisa, jika dilakukan secara bergotong royong maka semua permasalahan bisa diatasi bersama,” harapnya.

Selain itu, Edi meminta LPM dan seluruh perangkat desa, melakukan peran aktif dalam mengawal sejumlah program daerah.

Antaranya untuk membantu memuluskan program pengentasan kemiskinan di daerah.

Melalui pengawasan penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan penyaluran bantuan pangan khusus. Ditambah program pemukiman melalui program Rp 50 juta per RT.

“Melalui program-program itu LPM dituntut di Kukar bisa saling bersinergi dalam Rumah Besar pengentasan kemiskinan yang terus berjalan,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)