Foto: Suasana diskusi di kantor Gubernur DI Yogyakarta.

YOGYAKARTA – Sebanyak 45 peserta rombongan kunjungan studi jurnalistik dari jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setkab Berau melanjutkan kegiatan, pada Kamis (12/10/2023).

Agenda kali ini rombongan mengunjungi Biro Umum, Humas dan Protokol Daerah Istimewa Yogyakarta di Komplek Kepatihan Danureja, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam kesempatan memberikan salam pembuka, Kepala Bagian Prokopim Setkab Berau, Sunarto Bagian Kehumasan Pemerintahan tidak dapat dipisahkan dengan eksistensi media massa dan jurnalis yang meliput aktivitas pimpinan.

Saat ini sudah sepatutnya, terjalin hubungan yang baik antara kehumasan pemerintah dengan media massa demi sebaran informasi mengenai pembangunan daerah.

“Saya yakin, kehadiran pemberitaan yang sifatnya mempromosikan pembangunan dan prestasi daerah menjadi salah satu penunjang percepatan kemajuan daerah,” ungkap Sunarto.

Selain berupaya menjalin hubungan yang baik dengan kehumasan, dirinya mengimbau rekan-rekan pers sekalian, untuk menuliskan berita-berita yang sifatnya edukatif dan membangun citra positif pemerintahan. Sehingga perselisihan dapat dicegah dan suasana yang kondusif akan diperoleh.

“Saya mendorong saudara-saudara sekalian agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan pertemuan ini sebagai forum diskusi untuk bersama-sama membangun iklim demokrasi dan kebebasan berpendapat untuk kemajuan pembangunan daerah,” tuturnya.

Sunarto berharap, kemitraan antara Pemkab Berau, dalam hal ini Bagian Prokopim Setda Berau dengan Biro Umum dan Prohumas DIY serta seluruh media massa dapat senantiasa terjalin sinergis, terutama berkenaan dengan tupoksi sebagai penyalur informasi pemerintahan kepada masyarakat luas.

“Selamat mengikuti kegiatan studi pembelajaran. Insyaallah kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga Allah Swt senantiasa meridhoi niat dan langkah baik kita,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Substansi Biro Humas UMP Setda DIY, Ditya Nanarto Aji menuturkan, seperti yang disampaikan Kabag Prokopim Setkab Berau, bahwa benar media menjadi garda terdepan dalam hal penyampaian publikasi kepada masyarakat.

“Hal ini menjadi urgent, apalagi menjelang tahun politik saat ini. Kami yang juga berkecimpung juga merasakan hal yang sama,” ujarnya.

Diakuinya, menang pihaknya tidak bisa berjalan sendiri dan sangat terbantu dengan adanya komunikasi dan sinergi yang baik bersama rekan-rekan media.

“Komunikasi dan sinergi yang baik menjadi kunci kekompakan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat,” tandasnya. (*)

Reporter: Sulaiman