Foto: Kadinsos Berau Iswahyudi. 

TANJUNG REDEB- Pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana memberikan bantuan rice cooker atau penanak nasi bagi warga tidak mampu. Tujuannya,  guna memanfaatkan energi bersih di seluruh sektor, termasuk rumah tangga.

Namun, instruksi atau aturan turunan rencana pemberian rice cooker kepada masyarakat secara gratis itu belum sampai ke wilayah kabupaten termasuk Berau.

Saat di temui oleh awak Berauterkini di ruang kerjanya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Iswahyudi, menyampaikan jika sampai saat ini pihaknya belum menerima instruksi dari Kementrian Sosial atau Kementerian ESDM untuk melaksanakan program tersebut.

“Memang sudah beredar di media masa, tapi kita belum ada instruksi,” ucapnya, Selasa (10/10/2023).

Menurut informasi yang ia terima dari media massa, nantinya yang akan meneriman bantuan tersebut yaitu, mereka yang terdata Dinsos Berau. Terutama yang masuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan pemerintah kampung terkait bantuan yang akan disalurkan.

“Kita tetap akan koordinasi dengan pihak kampung, karena mereka yang akan mendata mana yang berhak untuk menrima bantuan,” tuturnya.

“Dengan itu kita berharap program ini bisa tepat sasaran,” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa anggaran yang digunakan dalam penyaluran Rice Cooker gratis bersumber dari dana kementerian.

“Dananya dari kementrian,” katanya singkat. (*)

Reporter: Dini Diva Aprilia