Foto: Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Syadiah

TANJUNG REDEB- Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Syadiah meminta Pemkab Berau menginventarisasi fasiltas pendukung di Pulau Derawan dan Maratua. Tujuannya, mana yang perlu dilakukan revitalisasi dan pembenahan.

Jangan sampai, promosi yang dilakukan pemerintah berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Apalagi, Sektor pariwisata di Kabupaten Berau sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Sehingganya kata Syari, fasilitas pendukung baik sarana dan prasarana sebagai penunjang objek wisata harus diperhatikan.

“Kita harus memberikan rasa aman dan nyaman ketika wisatawan itu datang,” ucapnya.

Di sisi lain, Syari juga meminta OPD terkait, khususnya Disbudpar, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah pariwisata. Dengan SDM yang mumpuni, tentu akan semakin membuat wisata di Kabupaten Berau lebih bernilai.

“Nah, ini juga yang harus jadi perhatian. Kita punya potensi wisata yang tidak dimiliki daerah lain di daerah Kaltim. Apalagi, Berau ini sebagao daerah penyangga IKN. Tentu ini harus dimaksimalkan sejak awal,” terangnya.

Jika sektor wisata di Berau berkembang, maka bukan tidak mungkin, dapat menjadi andalan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi, selama ini Berau masih terus bergantung pada pertambangan selaku penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Berau.

Kedepan kata Syari, sektor pariwisata dapat menjadi penyumbang PAD terbesar untuk Berau. Mengingat, tambang tidak selamanya menjadi andalan untuk menarik PAD.

“Kami dari DPRD Berau tentu mendukung peningkatan dan pengembangan sektor pariwisata. Namun, peran utamanya ada pada eksekutif, selaku pengambil kebijakan tertinggi,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan