Foto: Ketua DPRD Berau Madri Pani

TANJUNG REDEB-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau Madri Pani terus mendorong Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, mendorong Pemkab Berau memaksimalkan serapan tenaga kerja di Kabupaten Berau.

Itu dikarenakan, masih banyaknya pengangguran diusia produktif yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Jika tidak segera diselesaikan, mak berpotensi akan menambah angka kemiskinan di Bumi Batiwakkal.

“Ini harus jadi prioritas juga. Karena ini untuk masa depan Berau juga. Sangat disayangkan, Berau memiliki banyak perusahaan, tapi pengangguran masih tinggi,” jelasnya, Rabu (4/10/2023)

Memang diakuinya, untuk masalah ini, semua bertanggungjawab. Tidak hanya eksekutif, tapi juga legislatif. Bahkan, banyak aspirasi dari masyarakat yang sampai ketelinganya itu mengenai sulitnya mencari lapangan pekerjaan.

Hanya saja, dalam hal ini peran legislatif hanya mendorong pemerintah terkait aspirasi tersebut. Sementara eksekutif, adalah pengambil kebijakan dan bisa melakukan “intervensi” kepada pihak perusahaan untuk menyerap tenaga kerja di wilayahnya seluas-luasnya.

”Pemerintah jangan kalah dengan perusahaan. Harus utamakan putra daerah kita, dan pihak perusahaan juga jangan melulu mendatangkan dari luar daerah,” katanya.

Dirinya menyadari, kekurangan pencari kerja lokal, terkendala pada SDM yang belum memadai. Untuk itu, dirinya mendorong Disnakertrans Berau, harus lebih sering lagi menggelar program pelatihan kerja.

Hal ini tentunya dapat menjadi modal, untuk memenuhi persyaratan dalam melamar pekerjaan, atau syarat yang dibutuhkan perusahaan untuk menterap tenaga kerja.

“Memberikan pelatihan juga tidak kalah penting. Intinya jalankan program yang tepat sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Madri berharap, dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2018 terkait Perlindungan Tenaga Kerja Lokal, perlu diperkuat dengan dibuatkan turunan berupa peraturan bupati sebagai implementasi penerapan Perda tersebut.

“Dengan adanya peraturan lebih rinci, perusahaan yang ada di Berau akan lebih bijak lagi dalam merekrut karyawannya. Jangan sampai kalah saing dengan pekerja dari luar Berau,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan