Foto: Anggota Komisi III DPRD Berau Ichsan Rapi 

TANJUNG REDEB- Berawal dari banyaknya keluhan fasilitas penerangan lampu jalan yang minim, anggota komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Ichsan Rapi telah berikan ratusan bantuan pemasangan penerangan jalan umum (PJU).

Pria yang sering disapa Daeeng Iccang itu mengatakan, realisasi pemasangan PJU ini telah berlangsung sejak tahun 2020 lalu. Dan hingga saat ini masih dilaksanakan penerangan di setiap jalan umum, terutama pada daerah pilhan (Dapil) l yakni, Kecamatan Tanjung Redeb.

Ia mengaku, kewenangan pemasangan PJU ini ada di Dishub Berau. Sehingga, pihaknya hanya menyasar pemasangan lampu penerangan di jalan- jalan gang yang tidak terakmodir dinas terkait.

“Itu kan berdasarkan aspirasi yang kita serap melalui reses dan ada juga masyarakat yang memintanya secara langsung,” ucapnya.

Ia memaparkan, sejak 2020-2022 sebanyak 430 titik sudah terpasang lampu jalan. Ditambah, pada tahun ini juga telah terealisasi lagi sebanyak 120 titik yang telah terpasang.

“Jadi total keseluruhan selama tiga tahun ada 550 titik pemasangan tiang lampu yang telah terealisasi,”ungkapnya.

Disampaikannya, daerah yang paling banyak mengusulkan untuk pemasangan tiang lampu adalah Kelurahan Karang Ambon. Pemasangan PJU juga bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada pengguna jalan bagi masyarakat. Juga, menambah estetika jalan perkotaan.

“Ini kita lakukan sebagai upaya dalam memberikan penerangan jalan disetiap tempat guna memberikan rasa aman kepada pengguna jalan,” bebernya.

Diakuinya, dalam merealisasikan ini pihaknya bekerja sama dengan Perusahan Listrik Negara (PLN).

“Konsep saya itu tidak memakai listrik warga tetapi memakai listrik dari PLN atau memakai tenaga matahari,” terangnya.

Harapannya dengan terealisasinya pemasangan PJU dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat yang melintas, dan juga untuk antisipasi menekan angka kejahatan. (adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia