Foto: Anggota Komisi III DPRD Berau Abdul Waris

TANJUNG REDEB -Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Abdul Waris. Mendukung penataan kawasan perkotaan di Tanjung Redeb yang dinilai sebagai pusat ibu kota Kabupaten Berau sekaligus pusat pariwisata perkotaan.

Penataan kota yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau salah satunya yani revitalisasi tepian Jalan Ahmad Yani di Keluarahan Bugis menjadi seperti kawasan Malioboro Yogyakarta.

“Kita dukunglah. Artinya wisata perkotaan menjadi semakin banyak,” ungkapnya, Selasa (3/10/2023) kemarin.

Dikatakannya, selama ini wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Derawan atau Maratua pasti menginap di Tanjung Redeb. Sehingga penataan kawasan perkotaan tersebut perlu disediakan, selain wisata Keraton Sambaliung dan Museum Gunung Tabur.

“Bahkan seharusnya pemerintah daerah setiap tahun menambah objek wisata, agar orang tidak hanya sekali datang ke Berau,” ujarnya.

Pihaknya terus mendukung Tanjung Redeb sebagai pusat Ibu Kota Kabupaten Berau sekaligus pusat pariwisata perkotaan. Jadi, Berau tidak hanya menjual wisata baharinya saja tapi juga daerah perkotaan tertata dengan baik.

“Saya kira penataan kota bagus dilakukan. Apalagi sebelumnya juga drainase ditata. Kami harap semakin banyak pejalan kaki, terutama turis-turis,” jelasnya.

Terkait penurapan kawasan tepian, diakuinya sudah pernah sempat dianggarkan. Namun karena ongkos sosialnya tinggi kemudian anggaran berkurang sehingga ditunda terlebih dulu.

Kendati begitu, dirinya mengingatkan agar anggaran daerah tidak hanya habis untuk daerah perkotaan saja. Tapi juga merata hingga ke kampung-kampung.

“Jadi keadilan harus merata. Saya kira dalam membangun itu prinsip utamanya prinsip keadilan,” tegasnya. (adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia