Foto: Anggota DPRD Berau Suriansyah

TANJUNG REDEB-  Peningkatan infrastruktur masih harus terus dikebut di Kabupaten Berau. Sebab, dengan fasilitas yang memadai akan berdampak besar kepada para petani dalam proses distribusi hasil pertanian.

Salah satunya ketersediaan jalam usaha tani di wilayah pedesaan. Menurut anggota Komisi III DPRD Berau, Suriansyah jalan usaha tani di Kabupaten Berau masih kurang. Padahal di setiap Musrenbang kerap menjadi usulan prioritas dari setiap kampung di Kabupaten Berau.

“Ini menjadi kebutuhan para petani. Buktinya sering menjadi usulan prioritas,” tegasnya.

Lanjutnya, kebutuhan jalan usaha tani itu menurut politisi Partai Hanura tersebut dapat memperlancar dan bisa menjadi salah satu faktor pendukung para petani meningkatkan perekonomiannya. Terlebih jika di suatu wilayah mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.

“Permintaan ini tidak sedikit, banyak kampung di setiap kegiatan Musrenbang tahunan meminta pembangunan jalan usaha tani ini,” bebernya.

Dirinya menyebut, seharusnya ini menjadi perhatian dari Pemkab Berau dan tidak alasan untuk tidak menjadikan usulan tersebut menjadi program prioritas. Disamping, beberapa kampung yang ada banyak yang memiliki potensi hasil panen melimpah dari berbagai komoditas.

“Banyak kampung memiliki hasil komoditi andalan, seperti Kampung Buyung-buyung dengan hasil berasnya dan Kampung Sukan Tengah dengan hasil Jagung nya,” terangnya.

Suriansyah berharap, Pemkab Berau bisa memberikan perhatian tentang pemenuhan jalan usaha tani ini. Dengan fasilitas yang mendukung, niscaya perekonomian di sektor pertanian dan perkebunan masyarakat Bumi Batiwakkal bisa merangkak naik.

“Semoga bisa secepatnya terealisasi. Ini juga demi kepentingan banyak orang dan bermanfaat bagi orang banyak pula,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Dini Diva