Foto: Bupati kala menyerahkan KTP dan KK kepada korban kebakaran di Mangga III 

TANJUNG REDEB- Penyerahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kepada korban kebakaran di Jalan Mangga lll, Tanjung Redeb.

Penyerahan itu sendiri langsung dilakukan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas didampingi Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji, pada Jumat (29/9/2023).

Pasca terjadi kebakaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau langsung bergerak cepat menanggapi laporan penerbitan KTP dan KK baru untuk para korban kebakaran.

Menurut Bupati Berau, Sri Juniarsih, hal ini sudah menjadi bagian dari program Pemkab yang harus bertindak cepat dalam menanggapi permasalahan seperti berkas yang terbakar.

“Kita akan melayani dengan cepat selama datanya masih ada di Disdukcapil,” katanya.

Bukan hanya penyerahan data kependudukan, nanti dari Dinas Sosial (Dinsos) akan mengupayakan apapun yang diperlukan sebagai bentuk perhatian Pemda kepada mereka yang terkena musibah.

Secara terpisah Lurah Karang Ambun, Arif Mulyono, menjelaskan dalam musibah ini ada dua kepala keluarga dan ada tiga bangunan berupa warung dan rumah yang ludes terbakar.

“Dua KK ini terdiri dari 8 orang,” kata Arif.

Membantu para korban, ia mengaku Dinsos telah memberikan bantuan berupa makanan instan dan beberapa keperluan yang dibutuhkan oleh para korban. Selain itu, Bupati Berau juga secara pribadi memberikan bantuan berupa selimut dan makanan instan.

“Kami juga dari kelurahan menggalang dana melalui lembaga pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, beberapa warga setempat juga ada yang memberikan bantuan. Namun, diakuinya saat ini masih ada kebutuhan yang belum terpenuhi, seperti tempat tidur.

“Yang dibutuhkan belum seluruhnya terpenuhi seperti peralatan untuk tidur dan untuk sementara mereka tinggal di tempat Keluarga,” pungkasnya. (*)

Reporter: Dini Diva Aprilia