Foto: Penyerahan simbolis dukungan PT Berau Coal terhadap pemerintah daerah 

TANJUNG REDEB – Program Kolaborasi Pengembangan Kakao untuk Meningkatkan Pendapatan Petani (Si Bang Koko Mantap) garapan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Berau turut didukung PT Berau Coal.

Bupati Berau, Sri Juniarsih memberikan apresaisi yang tinggi kepada Berau Coal atas komitmennya yang terus mendukung setiap program daerah.

Apalagi konsistensinya dalam pengembangan kakao, mulai dari pembinaan petani hingga sampai ke tahap hilirisasi pengelolaan kakao menjadi produk jadi.

“Berau Coal ini luar biasa, mulai dari pembinaan petani dan mengolah kakao hingga pemasaran selalu mendukung. Kami berterimakasih atas kontribusinya itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Berau, Lita Handini menyampaikan, hal ini merupakan upaya kolaborasi aktif antara Pemeritah Daerah dengan pihak swasta dalam hal ini Berau Coal. Terutama dalam memajukan kakao sebagai komoditas unggulan di Berau.

Sehingganya, kerja sama inilah diharapkannya mampu memberikan suntikan energi semangat kepada petani kakao yang ada di Berau.

“Semoga bisa membuat petani lebih konsisten dan tetap semangat budidaya kakao, karena kalau petaninya kurang semangat, program bisa tidak berjalan maksimal,” ujarnya.

Kolaborasi yang terjalin diktakannya dalam bentuk penyediaan pasar jual biji Kakao. Ketika para petani binaan Dinas Perkebunan panen, sudah ada pembelinya.

Petani kata dia, tak perlu bingung lagi harus menjual hsil panennya. Apalagi, PT Berau Coal melalui Berau Cocoa juga menjadi pengolah biji kakao sehingga dijual dalam bentuk siap makan.

“Jadi kolaborasi ini bersama Berau Cocoa, didalamnya ada yang membeli biji kakao dari petani dan mereka support souvenir dan bubuk coklat itu yang dikelola ya,” terangnya.

Terpisah, Sosial Enterprise Coordinator PT Berau Coal, Muhammad Mashuri mengatakan bahwa PT Berau Coal terus konsisten dalam mendukung program pemerintah yang sejalan dengan visi misi perusahaan. Sebagai salah satu pandangan, pengembangan biji Kakao ini sejalan dengan upaya PT Berau Coal mensejahterakan para petani kakao itu sendiri.

“Pertama, Berau Coal selalu konsisten mendukung program pemerintah di berbagai bidang. Untuk program Berau Cocoa sejalan dengan program pemerintah di Disbun untuk meningkatkan pendapatan petani,” ungkapnya.

Diriinya juga mengapresiasi Dinas Perkebunan yang telah melakukan inovasi, melalui Si Bang Koko Mantap diharapkan dapat mendongkrak kesejahteraan para petani Kakao di Berau. Selain itu, dalam program tersebut juga turut andil mensosialisasikan manfaat konsumsi kakao.

“Jadi ini sejalan dengan program di Berau Cocoa dan kita juga memberikan edukasi manfaat kakao. Tertutama untuk upaya penurunan stunting,” tuturnya.

Pihaknya kuga akan mendukung program Si Bang Koko Mantap dengan mengolah produk biji kakao sehingga menjadi barang siap konsusmsi dan berdaya jual tinggi. Tak lain, tujuannya agar petani Kakao di Berau bisa mendapatkan kesejahteraan yang tinggi.

“Kita juga mendukung, program Si Bang Koko Mantap, dengan produk olahan Kakao baik coklat atau bubuk siap konsumsi. Sehingga bisa dirasakan langsung,” pungkasnya. (*/ADV)

Reporter: Hendra Irawan