Foto: Gunung Panjang jadi  jawara MTQ ke 53 Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB – Gelaran malam penutupan sekaligus pembagian hadiah di Musabaqah Tilawatil Qur’an alias MTQ ke 53 tingkat Kecamatan Tanjung Redeb, pada Senin (26/9/2023), berlangsung penuh suka cita meski sempat diguyur hujan deras.

Malam itu, seluruh tamu hingga peserta dan penonton, larut dalam sajian kesenian islami yang dipersembahkan oleh penyelenggara.

Halaman Masjid Darul Falah, Murjani II, malam tadi pun disulap menjadi lokasi MTQ dengan desain megah. Dilengkapi dengan tivi layar besar alias videotron. Termasuk pula bilik Qori dan Qoriah yang dihiasi lampu warna-warni menambah kesan kemegahan acara penutupan MTQ malam tadi.

Dalam pengumuman juara MTQ ke 53 Kecamatan Tanjung Redeb, Kelurahan Gunung Panjang secara mutlak menjadi juara umum dengan nilai juara mencapai 81 poin. Disusul dengan Karang Ambun 64 poin dan tuan rumah Kelurahan Gayam 43 poin.

Bupati Berau Sri Juniarsih, saat memberikan sambutan sekaligus menutup event tahunan tersebut, mengutarakan apresiasi terhadap para penyelenggara sekaligus kafilah dan official yang telah memiliki antusias luar biasa terhadap lomba umat muslim pada tahun ini.

Keberhasilan MTQ ini pun tak lepas dari kerja keras dari, RT, Lurah, Camat, hingga unsur pemerintahan lainnya yang membuat MTQ ke 53 Kecamatan Tanjung Redeb tahun ini begitu berkesan.

“Hujan ini pertanda berkah. Tidak mengurangi kemeriahan dan semangat kita dalam mensyiarkan agama Islam di Bumi Batiwakkal,” kata Sri.

Teringat pesan Almarhum Muharram, Bupati Berau periode 2016/2020, Sri menyampaikan bila beliau menitipkan pesan agar budaya mengamalkan Al-Quran dapat menjadi keseharian anak muda generasi penerus Berau. Agar menciptakan generasi yang taat kepada sang pencipta yang gemar mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga semangat membaca Al-Quran tidak pada MTQ ini saja, mari bumi-kan Al-Quran, agar jadi kecintaan bagi masyarakat kita” pesan Sri.

Dia berharap, agar pengurus LPTQ ditingkat kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten dapat terus mengasah kemampuan para juara. Sebab, perjuangan untuk mensyiarkan Al-Quran masih panjang. Sederet event dari tingkat kabupaten hingga nasional masih menunggu.

Dia pun menginginkan agar ke depan prestasi Berau untuk MTQ terus meningkat. Bisa membawa nama baik dan membanggakan di mata nasional bahkan internasional.

“Pesan saya, terus berlatih. Terus tingkatkan kemampuan. Karena perjuangan kita tak hanya sampai disini,” ujarnya.

Sementara itu, meneruskan pesan bupati, Camat Tanjung Redeb Harjupri, menitipkan pesan agar para official hingga pendamping para kafilah di setiap kelurahan agar dapat terus memberikan pendampingan.

Pendampingan tersebut sebagai persiapan Tanjung Redeb dalam menjemput gelaran MTQ tingkat Kabupaten yang rencananya bakal dilaksanakan di Batu Putih, pada 10 November 2023 mendatang.

“Setelah ini, mari kita siap-siap untuk ikut lomba tingkat kabupaten. Kita ingin gelar juara umum tetap menjadi milik Kecamatan Tanjung Redeb,” ucap Harjupri.

Ia juga menyampaikan, bila di tahun depan pelaksanaan MTQ dapat diselenggarakan lebih cepat. Menyesuaikan pengagendaan anggaran pada APBD 2024 mendatang. Yakni pada awal hingga pertengahan tahun. Sebab, bila dilaksanakan pada September hingga akhir tahun akan menghadapi musim penghujan.

“Kalau jelang akhir tahun seperti ini, intensitas hujan tinggi. Sehingga bisa saja mengganggu jalannya acara,” tuturnya.

Selain itu, sebagai perpanjangan tangan pemerintah di tingkat kecamatan, dia juga meminta agar penganggaran acara melalui dana pemerintah dapat ditambah pada tahun depan. Sebab, bila hanya dianggarkan Rp 50 juta tak akan cukup untuk menutupi kebutuhan operasional di lapangan. Termasuk pengahargaan bagi para juara.

“Semoga 2025 nanti, bisa dimasukkan agenda dengan anggaran yang lebih besar,” ujarnya.

MTQ ke 53 Tanjung Redeb ini pun ditutup dengan simbolis pelepasan balon ke udara oleh jajaran unsur forkopimda dan para tamu kehormatan. Kemudian, di akhiri dengan foto bersama para jawara MTQ tingkat kecamatan tahun ini. (*)

Reporter: Sulaiman