Foto: Sutami alias Dodong pemuda pesisir selatam yang hendak maju Pileg 2024 mendatang.

TANJUNG REDEB- Berbekal sebuah komitmen, membantu sesama dan membangun pesisir selatan dan utara, menggugah semangat Sutami untuk kembali tampil di Pemilu 2024 mendatang.

Memiliki cita-cita yang tinggi, membuat dirinya merasa terpanggil untuk turut berkontribusi memajukan daerah Bumi Batiwakkal. Mungkin, sebagian masyarakat di pesisir selatan maupun utara, sudah ada yang mengenal sosoknya.

Dia merupakan milenial dan seorang pecinta olahraga. Terutama sepakbola. Meskipun jarang turut serta adu sprint mengejar bola di berbagai turnamen, namun tak sedikit klub-klub lokal di pesisir, mendapat dukungannya.

Putra dari pasangan tokoh masyarakat kampung Batu putih H. Ridwan dan Hj. Ernawati ini, cukup mantap maju di Pileg 2024 mendatang untuk daerah pilih (Dapil) 3. Meliputi, Kecamatan Biatan, Talisayan, Batu Putih, Bidukbiduk, Pulau Derawan dan Maratua.

Dia juga berkata, bahwa telah mendapat restu dari kedua orang tua dan keluarga besarnya yang berada di pesisir selatan dan utara ini. Dia juga adalah cucu dari Almarhum H. Mastur mantan Kepala kampung Batu putih.

Pria yang akrab disapa Dodong itu, maju melalui partai Gerindra. Sebenarnya, Pemilik Bengkel MJ Paint ini, sudah berkecimpung di dunia politik pada tahun 2017.

Bahkan, sempat membuat tagline “Sahabat Sutami”. Yang mana nama itu, kerap menghiasi di sejumlah kaos tim sepak bola hampir di setiap turnamen tarkam di wilayah pesisir.

Diawal karir politiknya, Sutami sempat menjadi tim sukses untuk salah satu calon legislatif, kemudian mencoba peruntungan maju di Pileg 2019 dan 2024.

Kurang lebih 8 tahun berkutat di dunia politik, membuat dirinya banyak belajar. Politik seperti apa yang harus dilakukannya. Agar bisa memberikan kontribusi untuk daerah. Khususnya wilayah yang berada di dapilnya.

Dia menilai, seorang legislatif memiliki kewenangan yang luar biasa. Meskipun kewenangannya sebatas, Penganggaran, Pengawasan, dan legislasi.

“Dari sana saya merasa terpanggil. Saya ingin mewakili dan menyuarakan aspirasi serta kepentingan masyarakat di dapil saya,” kata pria yang aktif di organisasi sosial, kepemudaan, dan olahraga ini.

Pria kelahiran 5 Februari Tahun 1984 ini mengaku, ingin mengabdikan dirinya untuk kemajuan daerah. terutama pembangunan di wilayah jauh dari kota. Menurutnya, sebagai bacaleg, dirinya membawa misi yang harus diwujudkan.

Misi itu kata dia, tentu bermuara pada peningkatan insfrastruktur dasar dan pengembangan SDM generasi muda. Dengan adanya misi yang ingin dicapai itu, Dodong memantapkan hatinya untuk mengikuto kontestasi di Pemilu Legislatf pada Februari 2024 mendatang.

“Saya maju membawa misi. Dan melalui fungsi legislatif itu bisa saya capai. Andaikata, DPRD ini tidak digaji, saya masih berani untuk maju mencalonkan diri,” jelasnya.

Pria yang bergabung di Gerindra pada 2021 awal ini juga mengatakan, dipilihnya partai besutan Prabowo, karena memiliki ideologi dan misi yang sama dengannya.

Bahkan di Gerindra, dirinya juga dipercaya sebagai Wakil Ketua DPC Gerindra, dan Sekretaris Tunas Indonesia Raya (Tidar). Tentu saja, amanah tersebut harus dilaksanakan dengan baik. Kepindahannya itu pun disambut hangat, tidak hanya dari internal Gerindra saja. Tapi juga para konstituennya ketika mengikuti Pileg pada 2019 lalu.

Masyarakat di pesisir kata dia, sangat mendukung atas keputusannya tersebut. Menurutnya, pelajaran pada pemilu sebelumnya sudah cukup membuat dirinya matang.

“Bagi saya pemilu kali ini, tidak hanya mendaftar sebagai caleg saja. Tapi untuk menang jadi dewan. Saya tidak ingin, mengecewakan konstituen saya. Suara yang daya dapat sekira 700, itu akan saya tambah,” katanya.

Ketika ditanya, apa yang membuat pemilih yakin untuk memilihnya menjadi anggota DPRD Berau. Itu nanti akan disampaikanya ketika berhadapan dengan masyarakat pemilih.

Namun, sebagai anak muda yang tumbuh besar di kampung, dirinya ingin sekali langsung terlibat dalam membangun Kabupaten Berau.
Khususnya wilayah pesisir.

Dirinya juga mengaku memiliki misi tersendiri ketika duduk di kursi hangat legislatif. Tak hanya soal mendorong meratanya pembangunan, dan peningkatan SDM. Tapi, juga ingin berkontribusi meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan serta ikut terlibat dalam mengembangkan olahraga di Bumi Batiwakkal. Khususnya di pesisir selatan dan utara Berau.

Begitu juga dengan usulan prioritas dalam Musrenbang. Itu harus juga kita kawal dengan serius. Jangan sampai menumpuk setiap tahun tanpa ada tindaklanjut.

“Misi saya ingin menjdi penyambung lidah masyarakat pesisir. Apa yang mereka inginkan dan mereka harapkan. Itu yang akan saya perjuangkan. Caranya bagaimana, saya akan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan semua perangkat daerah,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menyoroti dunia olahraga di pesisir Berau. Sebagi pecinta olahraga, dirinya menilai, Berau kata dia memiliki segudang talenta muda berbakat di bidang olahraga. Hanya saja, belum ada fasilitas yang representatif untuk menunjang talenta itu.

Dirinya mengatakan, apabila diberi kesempatan dan kepercayaan dari masyarakat di Dapil III, akan memperjuangkan pengembangan dunia olahraga.

“Walaupun sebelum menjadi anggota dewan, saya juga sudah melakukan apa yang saya bisa untuk mendukung olahraga di Pesisir Berau. Meskipun saya akui itu belum maksimal,” terang pria yang juga menjabat sebagai pengurus (Exco) Askab PSSI Berau dan Bendahara Asosiasi Futsal Kabupaten Berau ini.

Untuk itu, dirinya meminta dukungan dan restu keluarga besar dan masyarakat pesisir Berau, agar niatnya membantu masyarakat dapat tercapai.

Dirinya juga memastikan, dalam keikutsertaannya di Pileg 2024 ini, murni mengandalkan kerja kerasnya dari usaha dan bisnis perkebunan yang digelutinya. Dan tidak bergantung pada pemodal. Agar ketika terpilih nanti, tidak mempengaruhi setiap keputusan yang dia ambil.

“Mohon dukungan dan restunya. Semoga apa yang menjadi niatan saya dapat terealisasi. Saya akan berusaha sebaik mungkin, apapun hasilnya saya sudah siap,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan