Foto: Kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan PT PAMA dengan pemateri dari anggota TNI dan Polri.

SAMBALIUNG – Dalam pembangunan karakter peserta didik, PT PAMA Persada Site Gurimbang  menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di SMP Negeri 3 Sambaliung. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman berharga kepada siswa tentang nilai nilai luhur menjaga kesadaran dan nasionalis siswa terhadap NKRI.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (08/09/2023) itu diikuti sekitar 50 siswa. Mereka diajak untuk mengenal serta menghargai kekayaan budaya dan sejarah Indonesia melalui berbagai kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Dengan pemateri dari Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri.

Menariknya, implementasi wawasan kebangsaan itu sendiri ternyata telah dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Sambaliung. Hal ini terlihat dari kebijakan sekolah yang mewajibkan semua siswa untuk menjalankan ibadah sebelum mengikuti pelajaran.l sebagai wujud toleransi beragama.

“Meskipun implementasi wawasan kebangsan itu telah dijalankan oleh sekolah, namun kami tetap ingin kembali meningkatkan kecintaan siswa terhadap NKRI,”ujar Rudi Halomoan, Csr Office PT PAMA.

Salah satu kegiatan yang menjadi materi pembahasan yakni dengan menjaga dan menghargai budaya dan sejarah daerah. Sebab, dengan cara itu maka sudah dipastikan para siswa akan mencintai keberagaman di indonesia.

Selain menanamkan nilai nilai cinta tanah air, para siswa juga mendapatkan materi merawat NKRI melalui toleransi. Sebab, menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis. Toleransi atas umat beragama maupun suku bangsa lain dengan tidak membeda bedakan menjadi kunci utama. 

“Kegiatan wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk membangun karakter peserta didik. Dengan mengenal budaya dan sejarah Indonesia, mereka menjadi lebih menghargai dan mencintai tanah airnya. Selain itu, melalui kegiatan ini, kami juga ingin melestarikan nilai-nilai luhur yang ada pada kebudayaan Indonesia,” ujarnya.

Labih manjut kata Rudi, melalui wawasan kebangsaan ini diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, bertanggung jawab, serta memiliki jiwa nasionalisme tinggi.

PT PAMA berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk memberikan dampak positif pada karakter peserta didik di sekolah.

“Kami berharap adik-adik kita yang bersekolah di SMP 3 Sambaliung ini bisa menjadi penerus bangsa kelak dengan membawa nilai nilai luhur kecintaan terhadap kedatuan bangsa,”pungkasnya.(*)

Reporter: Zuhrie