Foto: Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Syadiah. 

TANJUNG REDEB- Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah pastikan maju sebagai Bacaleg DPRD Kaltim untuk Dapil VI wilayah Berau, Kutai Timur dan Bontang, di Pileg 2024 mendatang.

Wanita yang akrab disapa Syari ini menyebut, keputusannya maju ke DPRD Kaltim, lantaran belum ada kader Golkar dari Berau yang siap maju, setelah kepindahan Makmur HAPK ke Partai Gerindra.

Sebagai kader yang patuh, dirinya tentu menyambut baik. Sebab, untuk keterwakilan perempuan di Dapil 6 di DPRD Kaltim, juga masih sangat kurang.

“Karena menjadi amanah partai, saya tentu harus siap. Ini juga menjadi terkewakilan perempuan di Kaltim. Apalagi, sejauh ini tidak ada keterwakilan perempuan di Dapil VI,” jelasnya.

Dirinya mengaku, memang tidak mudah bersaing di DPRD Kaltim, khususnya di Dapul VI. Pasalnya, cukup banyak tokoh politik berpengalaman juga maju.

Namun, hal itu turut menjadi motivasinya. Bahkan, dirinya juga sudah melakukan berbagai sosialisasi dan pertemuan dengan masyarakat. Khususnya, di Berau, Kutim dan Bontang terkait niatnya maju ke DPRD Kaltim.

“Untuk persiapan sudah. Seperti silaturahmi ke sejumlah daerah di Dapil VI. Apalagi, kan, saya juga baru. Dan wilayahnya juga, lebih luas lagi. Tentu harus optimis,” katanya.

Syari mengatakan, salah satu tujuannya bersedia maju ke DPRD Kaltim, guna memperjuangkan Daerah yang ada di dapilnya. Sebab kata dia, jika hanya tetap di Dapil I Tanjung Redeb, ruang gerak untuk melakukan sesuatu terbatas.

Dengan menjadi anggota DPRD Kaltim, tentu banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti misalnya, memperjuangkan pembangunan SMA agar dapat dilakukan secara merata. Meminta anggaran yang lebih besar dalam bentuk Bankeu ataupun program lainnya.

“Hal-hal seperti inilah yang akan saya perjuangkan di provinsi. Seperti jalan itu juga tidak bisa melalui Pemkab, tapi didorong juga dari Provinsi,” jelasnya.

Untuk diketahui, Syarifatul Sya’diah sudah dua periode menjadi anggota DPRD Berau dari Dapil 1 Tanjung Redeb. Yang mana diperiode pertamanya 2014-2019 sebagai Ketua DPRD Berau, dan periode kedua 2019-2024 sebagai Wakil Ketua DPRD Berau.

Meski mencoba peruntungan ke Pileg DPRD Kaltim, Syari juga menempatkan suksesornya yakni anaknya sendiri di Dapil 1, yakni Fitaria Dyah Maharani.

“Saya juga telah mempersiapkan putri saya untuk ikut berjuang mewakili kaum milenial di Dapil 1. Dia juga sudah siap, untuk maju di Pileg 2024 nanti. Mohon doa, dan restunya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Hendra Irawan