Foto: Kampung Long Beliu Kecamatan Kelay, kini sebagiannwarganya nikmati listrik 24 jam. 

TANJUNG REDEB- Meskipun 2 kampung sudah teraliri listrik 24 jam di Kecamatan Kelay, yakni Kampung Merasa dan Sido Bangen selaku ibu kota kecamatan, masih banyak kampung belum mendapatkan fasilitas 24 jam.

Kecamatan Kelay sendiri terdiri dari 14 kampung, yang mana 2 diantaranya sudah “merdeka” dari listrik. Namun, 12 kampung lainnya, masih berharap mendapatkan fasilitas yang sama.

Camat Kelay, Toris mengatakan, meskipun 12 kampung lainnya belum menikmati listrik 24 jam, tapi sudah mendapat layanan listrik. Meskipun belum maksimal.

Dia mencontohkan, penggunaan PLTS Communal yang bersumber dari bantuan pihak ketiga di Long Beliu, dan merapun. Ada juga fasilitas listrik yang baru dibangunkan Kampung Long Lamcin dan Long Suluy untuk wilayah RT 1.

“Dari 12 kampung ini, ada yang telah menggunakan diesel, maupun PLTS. Namun belum 24 jam,” katanya, Kamis (24/8/2023).

Memang untuk di program tahun mendatang, berdasarkan keinginan Bupati Berau, semua kampung di Kelay sudah bisa terfasilitasi secara merata. Namun dari penyampaian pihak PLN kata Toris, belum ada komitmen secara khusus, karena harus ada proses dalam setiap realisasinya.

“Tapi kami dari pemerintah kecamatan, tiap tahun terus mengusulkannya. Karena bagaimanapun, listrik ini sangat mendukung aktivitas dan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan