Foto: Meja pendaftaran Calon Sekda Berau di Kantor BKPP Berau.

TANJUNG REDEB – Panitia Seleksi alias Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Berau, resmi menutup pendaftaran calon Sekda Berau. Penutupan itu dilakukan, pada Selasa (22/8/2023) sekira pukul 16.00 Wita sore ini.

Hingga menjelang penutupan pendaftaran, terdapat dua berkas tambahan yang masuk ke meja panitia seleksi. Berkas tersebut, diakui telah sampai ke meja tim pansel pada Selasa siang.

Kepada Berau Terkini, Jafung Analis Kepegawaian BKPP Berau Feridiansyah menyatakan, Selasa kemarin jadi hari terakhir dibukanya pendaftaran bursa bakal calon Sekda Berau. Tidak ada lagi perpanjangan masa pendaftaran lantaran kuota telah terpenuhi.

“Sudah ditutup. Tidak ada lagi penambahan masa pendaftaran. Kuota terpenuhi,” ujar Feri.

Dua berkas tersebut, dikatakannya diantar langsung oleh para staf pejabat yang mendaftar. Diantaranya, Maulidiyah, saat ini menjabat sebagai Asisten III Setda Berau yang juga adik kandung Wakil Bupati Berau. Kemudian, Andi Marewangeng, menjabat sebagai Kepala Dishub Berau. Keduanya terhitung masih aktif dalam jabatan saat ini.

Sementara, sehari sebelumnya terdapat 6 nama bakal calon sekda tersebut diantaranya; Fendra Firnawan, saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Berau. Kedua, Muhammad Said, menjabat sebagai Kepala Bapenda Berau. Ketiga, Riza Fakhmi, menjabat Inspektur Inspektorat Berau.

Kemudian, pendaftar keempat, ada nama Yudha Budisantosa, menjabat sebagai Kepala Dispusip Berau. Kelima, Salim, saat ini menjabat sebagai Kaban Kesbangpol Berau. Terakhir, Mustakim yang saat ini masih resmi menjabat sebagai Kepala DLHK Berau.

“Masing-masing yang antar stafnya,” ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, selanjutnya Tim Pansel bakal melangsungkan tahap verifikasi berkas pada 23 sampai 24 Agustus 2023. Kemudian, pada 24 Agustus pula bakal diumumkan hasil tahapan administasi dan rekam jejak oleh tim pansel.

Kemudian, pada akhir Agustus dan awal September 2023, tim pansel bakal melanjutkan dengan agenda penulisan dan presentasi karya ilmiah alias makalah. Kemudian, akan diumumkan hasilnya pada 2 September 2023 mendatang.

“Selanjutnya, mulai 11 dan 12 September 2023, bakal dilangsungkan uji kompetensi alias assesment oleh tim assesment center. Kemudian diumumkan pada 15 September 2023,”bebernya.

Lalu, pada 18 September 2023, tim pansel bakal melakukan wawancara akhir. Kemudian, dua hari berselang, pada 20 September 2023, bakal diumumkan langsung secara online hasil seleksi melalui website resmi Pemkab Berau.

“Kuota sudah memenuhi. Standarnya, 4 orang yang mendaftar,” beber dia.

Merujuk pada progres tersebut, Feri memastikan seluruh tahapan akan berjalan sesuai rencana. Sehingga, tim pansel tidak akan membahas panjang ihwal rencana perpanjangan masa pendaftaran.

“Semuanya berjalan sesuai rencana aja, karena kuota itu sudah terpenuhi,” tegas dia.

Sebagai informasi, posisi Sekda saat ini masih diduduki oleh pejabat sementara untuk jabatan Sekda, alias Pj Sekda Agus Wahyudi. Dikabarkan Agus sapaan dia, resmi pensiun pada 1 September 2023 mendatang. (*)

Reporter: Sulaiman