Foto: Wakil Bupati Berau Gamalis

TANJUNG REDEB – Pemerintah pusat mengumumkan ihwal rencana kenaikan gaji apartur sipil negara (ASN), pada 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo pada pembacaan nota keuangan 16 Agustus 2023, di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Kabar itu tentu menjadi kabar baik bagi pegawai di seluruh penjuru negeri. Mulai dari pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI/Polri, hingga PPPK yang pada tahun ini masuk dalam kategori ASN.

Pada kenaikan gaji nanti, pemerintah menggunakan konsep total reward. Artinya, gaji akan diukur dari capaian kinerja setiap pegawai.

Merespon itu, Wakil Bupati Berau Gamalis, menyambut baik kabar itu. Ia menilai ini langlah positif bagi kesejahteraan pegawai. Khususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Berau.

“Aw kabar baik itu untuk kesejahteraan pegawai kita,” ucap Gamalis.

Hanya saja, dirinya khusus meminta kepada pemerintah pusat untuk menambah nilai dana transfer pusat alias alokasi dana khusus (DAK) non fisik. Sebab, anggaran itu juga yang bakal digunakan untuk membayar jasa para pegawai termasuk PPPK. Diketahui, dana pusat yang dikelola di Berau mencapai Rp 3,01 triliun.

“Yah jelas anggarannya harus ditambahi, biar kesejahteraan itu merata untuk pegawai,” harap politisi senior PPP itu.

Meski kenaikan gaji itu belum diberikan pada tahun ini, dirinya berharap seluruh pegawai di Berau untuk tetap bekerja secara profesional. Kerja profesional itu diharapkan dapat mulai memupuk semangat kerja yang nantinya bakal jadi ukuran kenaikan gaji.

“Jadi gak kaget kalau sistem kenaikan gaji ini diukur dari produktifitas kerja,” ujar dia.

Sementara itu, salah satu PPPK di Berau, Wahyu Ahadiyat mengatakan siap saja dengan setiap aturan yang bakal diterapkan untuk kenaikan gaji pegawai.

“Yang pentingkan gajinya bisa naik,” ucap Wahyu sapaan dia.

Ihwal ukuran kenaikan gaji berdasarkan produktivitas kerja, dia katakan tentu tidak akan jadi masalah. Sebab, dia mengakui kerja profesional menjadi keseharian setiap melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Yang jelas kinerjanya semakin ditingkatkan,” ujar dia. (*)

Reporter: Sulaiman