Foto: Suasana Jembatan Sambaliung, jelang pembukaan jembatan pada Pukul 16.00 Wita sore nanti.

TANJUNG REDEB – Rencana pembukaan Jembatan Sambaliung untuk dilintasi kendaraan roda 2 alias R2 bakal berjalan sesuai rencana. Diketahui, Pemkab Berau telah melayangkan surat undangan seremoni pembukaan Jembatan Sambaliung, pada Kamis (10/8/2023) Pukul 16.00 Wita sore ini.

Sejumlah material yang masih berada di badan jalan, seperti pasir dan tiang rangka baja dalam proses pembersihan dari pekerja.

Saat dikonfirmasi, PPK Renovasi Jembatan Sambaliung I Nyoman Suardika, menyatakan meskipun material masih berada di atas jembatan, ia memastikan proses pembukaan jembatan untuk kendaraan R2 tetap dilaksanakan sore ini.

“Ini tidak masalah mas. Ini sudah sesuai dengan rencana pengerjaan dan rencana pembukaan sore ini,” ucap dia.

Rencana dapat saja berubah bila cuaca pada sore ini tidak bersahabat alias Berau diguyur hujan. Dia memastikan pekerjaan di atas jembatan bakal distop sementara menunggu hujan reda.

“Kecuali hujan mas ya. Pasti kami berteduh,” ujarnya.

Terkait kondisi aspal sendiri, Nyoman mengaku jika jenis aspal yang digunakan untuk lantai jembatan justru semakin baik bila dilintasi kendaraan. Karena pori-pori aspal semakin tertutup disebabkan aspal yang memadat.

“Aspal ini justru semakin bagus mas kalau dilewati kendaraan,” ucap dia.

Dirinya pun berpesan kepada para pengendara R2 yang bakal melintas di atas jembatan saat Jembatan Sambaliung kembali diaktifkan, untuk lebih berhati-hati. Sesuai standar keamanan berkendara di jalan raya.

Sebagai informasi, saat ini para pekerja tengah disibukkan dengan kegiatan pengisian pasir ke dalam pilar jembatan yang belum dipasangi besi baja. Sementara pilar lainnya telah terisi pasir dan rangka baja. (*)

Reporter: Sulaiman