Foto: Proses distribusi air bersih bagi warga di Kelurahan, Gunung Tabur. 

TANJUNG REDEB- Imbas kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Berau menyebebakan, sejumlah wilayah di Kecamatan Gunung Tabur, mengalami kesulitan air bersih. Khususnya wilayah yang belum terjangkau jaringan pipa PDAM.

Kondisi inipun, membuat Camat Gunung Tabur Toto Marjito bersurat kepada Perumda Air Minum Batiwakkal, meminta menyediakan sarana pengisian mobil tangki untuk Kelurahan Gunung Tabur. Permintaan itu pun langsung direspon oleh Direktur Perumda Air Minun Batiwakkal.

Bahkan, pihak perumda langsung menyediakan sarana pengisian mobil tangki. Tak kurang dari 3 unit armada dari BPBD dan PMI disiapkan untuk mendistribusikan air ke warga yang terdampak yaitu wilayah RT.07, 09, 10, 12 dan 14 Kelurahan Gunung Tabur.

Atas respon cepat Perumda Air Minum Batiwakkal itu, Toto Marjito mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan. Ia juga berharap kedepannya akan ada penambahan jaringan pipa di wilayah yang megalami kesulitan air bersih.

“Khususnya diwilayah RT. 07, 09 dan 14 agar masyarakat dapat menikmati pelayanan air bersih,” kata mantan sekcam Teluk Bayur itu.

Sementara itu, Direktur Perumda Air Minum Bwtiwakkal, Saipul Rahman mengatakan, pihaknya sangat terbuka dan siap bekerjasama, dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Tidak itu saja, pihaknya akan terus berupaya memperluas cakupan pelayanan . Tetapi tentunya dengan tetap mengacu pada kemampuan keuangan perusahaan.

“Sepanjang tidak terlalu membebani anggaran akan dikerjakan dengan dana Perumda,” jelasnya.

“Tetapi bila biayanya cukup besar, pihaknya akan bekerjasama menggandeng PUPR dalam penganggarannya,” pungkasnya. (/adv)

Reporter: Hendra Irawan