Foto: Suasana Wabup Gamalis meninjau jembatan Sambaliung Rabu (09/08/2023) sore

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau Gamalis memimpin rapat lanjutan persiapan pembukaan Jembatan Sambaliung, pada 10 Agustus 2023 esok, di ruang VIP  Dermaga Sanggam, pada Rabu (9/8/2023).

Dalam rapat itu, disepakati Jembatan Sambaliung dibuka untuk kendaraan roda dua atau R2. Kemudian, penyeberangan tetap beroperasi demi mengantisipasi warga yang memiliki kendaraan yang diparkir di Dermaga Sanggam.

Pembukaana akses jembatan bagi R2 akan dilaksanakan pada pukul 15.30 Wita. Diselingi dengan doa bersama dan upacara adat tabur tepung tawar yang bakal dipimpin langsung oleh Sultan Sambaliung.

“Besok kita akan uji coba dulu. Bila berjalan sesuai harapan, akan kita teruskan pembukaan jembatan untuk R2 hingga jembatan selesai dibangun,” kata Gamalis dalam rapat.

Saat pembukaan jembatan nanti, pemerintah telah memprediksi bakal terjadi kepadatan kendaraan bermotor di atas jembatan. Sehingga, lalu lintas tetap akan diatur oleh Kepolisian dan Dishub Berau serta dibantu personel dari Satpol PP Berau.

Mencegah kendaraan R4 melintas, pekerja akan menyiapkan  barier berisi air yang dipasang disetiap sini jalan.

“Nanti dipasangi barier pembatas jalan, untuk mengatur lalu lintas motor di atas jembatan,” ucapnya.

Gamalis juga menegaskan, bila dalam pembukaan jembatan itu tetap berada dalam pengawasan pemerintah demi mengurangi potensi kejadian yang dapat membahayakan pengguna jalan.

“Jadi pengawasan tetap jalan agar semua aman selama jembatan kembali beroperasi,” ucapnya.

Namun begitu, dia mengingatkan kepada warga yang ingin menggunakan penyeberangan gratis. Pemkab tetap mengaktifkan penyeberangan tersebut berdasarkan kesepakatan dengan pihak kontraktor proyek renovasi jembatan.

“LCT motor tetap aktif, silahkan digunakan. Jadi sisi darat dan air tetap aktif,” ujarnya. (*)

Reporter: Sulaiman