Foto: Tangkapan layar kondisi suhu udara di Berau taggal 3 Agustus 2023.

TANJUNG REDEB- Akhir-akhir ini Berau menjadi perbincangan masyarakat, lantaran memiliki suhu panas cukup tinggi. Bahkan, pada 2 Agustus 2023 lalu, suhu panas di Kabupaten Berau, terutama di Kecamatan Teluk Bayur masuk 3 besar terpanas se Indonesia.

Terbaru, berdasarkan data BMKG pertanggal 2-3 Agustus 2023, suhu panas di Berau berada di angka 35,2 derajat celcius. Menempati urutan suhu terpanas ke-7 nasional atau turun 5 peringkat setelah sebelumnya menduduki peringat ke-2 nasional.

Masih berdasarkan informasi dari BMKG Berau, kemarau tahun 2023 ini, diprediksi lebih kering dan panas dibanding beberapa tahun lalu.

Disampaikan Forecester Stasiun Meteorologi Kalimarau Berau, Lulu M. Fuadah, puncak musim kemarau diprediksi BMKG terjadi selama beberapa bulan kedepan.

“Puncak musim kemarau ini yang menyebabkan suhu meningkat drastis ini diprediksi berakhir pada September 2023 nanti,” katanya.

Lebih lanjut kata dia, peningkatan suhu panas tersebut terjadi lantaran posisi matahari dan tutupan awan di atmosfir menipis. Apalagi, secara iklim juga tengah memasuki musim kemarau.

“Diperparah kondisi Elnino, yang menyebabkan musim kemarau tahun ini lebih kering. Dan, jauh lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya, Kamis (3/8/2023).

Bahkan lanjut Lulu, di tahun 2023 kondisi kemarau diperkirakan jauh lebih kering dibanding tiga tahun sebelumnya. Yakni tahun 2020, 2021, dan 2022.

Dengan tingginya tingkat kekeringan musim kemarau tahun ini, membuat potensi terjadinya karhutla lebih besar. Masyarakat juga diminta lebih bijak dalam beraktivitas, guna menghindari terjadinya kebakaran.

“Betul. Karena lebih kering dari tahun 2020-2022,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan