Foto: Warga Labanan Makmur saat menikmati sarana air bersih dari KODOM 0902/Berau.

TANJUNG REDEB- Dalam mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Berau, Kodim 0902/Berau meresmikan penggunaan fasilitas air bersih program TNI AD tahun 2023, dan pencanangan percepatan penurunan stunting.

Dalam peresmian itu, juga dilakukan video confrence dengan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersama warga di Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur serta Puluhan anggota Kodim.

KSAD Jenderal Dudung mengaku, program tersebut dilaksanakan guna membantu kesulitan rakyat dan menjadi solusi atas kondisi stunting yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Sesuai jati diri TNI AD kata dia, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara propesional dan TNI berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Saya sampaikan kepada jajaran, kalian harus dicintai oleh rakyat, tetapi kalian lebih mencintai rakyat. Saya apresiasi jajaran Kodim 0902/Berau yang telah bersinergi dan mendukung pemerintah daerah,” katanya.

Dalam acara itu, juga dihadiri Direktur PDAM Kabupaten Berau Saipul Rahman, Camat Teluk Bayur Endang Iriani, Danramil 0902-04/Trd kapten Arm Sarmid, Kapolsek Teluk Bayur Iptu Didik, Danramil 0902-10/Btp Kapten Arm Rudi Cahyono, Ws. Pasi Inteldim 0902/Bru Letda Inf Faisol dan tamu undangan lainnya.

Banyak program yang dicanangkan baik ketahanan pangan untuk lahan. Serta bagaimana upaya-upaya peningkatan untuk melalukan penanaman di lahan-lahan yang non produktif menjadi produktif.

Upaya membantu pemerintah dalam menyelesaikan program-program strategis pemerintah. Sehingga diharapkan, tidak ada lagi anak-anak stunting. Beserta program air bersih ini lanjut dia, sebagai program yang disepakati segala sumber kehidupan.

“Oleh karena itu target saya seluruh Indonesia dan wilayah terpencil agar semua dapat terpenuhi.

Dia juga mengapresiasi kerja Babinsa di lapangan. Bahkan, Dudung juga memberikan penghargaan kepada seluruh Babinsa se Indonesia yang sudah bekerjasama dengan pemerintah. Khususnya membantu wilayah yang belum memiliki air bersih.

“Program Manungal Air adalah program TNI AD, dan mudah-mudahan kedepan kita akan semakin makmur. Kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian TNI AD khususnya kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan