Foto: Alet Panahan Berau, Mhaleiyka Mahezwary Zuhany saat  berlatih rutin jelang wakili Kaltim di Kejurnas.

TANJUNG REDEB. Alet Panahan Berau, Mhaleiyka Mahezwary Zuhany akan mewakili Kalimantan Timur dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Junior U-15 dan U-18 di Jakarta Japanese Club Sport Community Sentul di Bogor.

Putri pasangan Kanu dan Yurika Nugrahawati ini akan mewakili Kaltim pada U-15 usai mengikuti seleksi yang dilaksanakan di Samarinda pada tanggal 2-9 Juni 2023 lalu.

Leiyka, sapaan akrab atlet ini keluar sebagai atlet remaja U-15 dengan poin tertinggi dalam seleksi tersebut.

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Berau, Arman Nofriansyah membenarkan keberangkatan atletnya tersebut usai unggul dalam seleksi di Provinsi.

“Intinya Leiyka ini hasil seleksi junior, pada seleksi Pra PON dan selekai Kejurnas di Samarinda pada tanggal dua sampai sembilan Juli lalu, dia (Leiyka) yang terbaik,” ungkap Arman (20/7/2023).

Arman juga mengungkapkan bahwa potensi atlet juniornya ini sangat besar. Sebagai atlet asli Berau yang bisa berprestasi membawa nama Berau perlu mendapatkan support dari pemerintah daerah.

“Anak masih kelas enam SD, sudah bisa mewakili Berau bahkan Kaltim untuk ajang Kejurnas,” sambungnya.

Hanya saja untuk para atlet masih harus membutuhkan support dari berbagai pihak. Mengingat keberangkatan ini terpaksa menggunakan biaya sendiri. Sebab untuk Kejurnas junior tidak ditanggung Pemprov dan juga KONI Provinsi.

Sebab KONI Kaltim fokus ke pra PON. Tetapi, kejuaraan apalagi sekelas nasional seperti ini harus diikuti untuk menambah jam terbang,mengasah keterampilan dan sekaligus menempa mental atlet-atletnya apalagi atlet junior yang membutuhkan pengalaman lebih banyak dalam pertandingan profesional.

Kanu, ayah Leiyka mengaku bangga dengan terpilihnya Leiyka dalam seleksi Kerjurnas.

“Sebagai orang tua saya hanya bisa mendukung sepenuhnya apa yang menjadi hobinya, apalagi ini juga positif, olahraga yang dianjurkan Rasululah,” ungkapnya.

Leiyka mulai menggeluti panahan sejak tahun 2021 lalu. Mulai belajar dari nol dengan arahan dan bimbingan atlet dan pelatih panahan Berau hingga Koordinasi dengan profesional panahan dari Samarinda.

Kini Siswi kelas 6 SDN 013 ini sudah berada di Jakarta untuk persiapan kejuaraan. (*)

Reporter: Hendra Irawan