Foto: Suasana kedatangan jemaah haji, di Bandara Kalimarau.

TELUK BAYUR – 148 jemaah haji asal Berau mendarat dengan selamat di tanah air, pada Selasa (18/7/2023) kemarin. Kedatangan jemaah dibagi tiga kloter keberangkatan ke Berau. Jemaah pun disambut riuh kerabat yang menunggu kedatangan mereka sejak pagi hari.

Menurut laporan yang diterima, semula jamaah yang berangkat berjumlah 151 jemaah. Namun, terdapat 2 orang jemaah meninggal dunia lantaran mengalami penurunan kondisi kesehatan di tengah cuaca ekstrim, serta 1 jamaah masih dirawat di Balikpapan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Kemenag Berau Aji Mulyadi, sekaligus sebagai pendamping jemaah selama berada di tanah suci mengatakan, seluruh jemaah yang tiba dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah jemaah sampai dengan selamat, disambut langsung oleh kolega di Bandara,” kata Aji sapaan dia, saat ditemui awak media di Bandara Kalimarau, Teluk Bayur.

Atas kabar duka yang menimpa keluarga jemaah asal Berau, secara pribadi dirinya mengucapkan turut berbelasungkawa. Musibah tersebut dikatakannya, kejadian tak dapat dihindari. Tetapi tetap menjadi bahan evaluasi penyelenggara haji untuk keberangkatan jemaah pada tahun depan.

Aji membeberkan, pada tahun ini jumlah jemaah haji yang meninggal dunia cukup tinggi. Mencapai 652 jemaah. Didominasi oleh jemaah haji lansia. Atau berumur 50 tahun ke atas.

Ia hanya berpesan, kepada jemaah untuk memastikan kesehatan saat hendak bepergian ke negara yang berbeda iklim dengan Indonesia. Pun memastikan obat-obatan khusus dibawa untuk komorbid yang dialami oleh jemaah.

“Namanya takdir kita tidak ada yang bisa hindari. Tapi ini tetap jadi bahan evaluasi,” sebutnya.

Dirinya pun membenarkan, saat ini terdapat jemaah yang tengah dirawat di RSUD Beriman Balikpapan, lantaran kelelahan. Jemaah tersebut baru akan bertolak ke Bumi Batiwakkal saat kondisinya membaik dan dinyatakan dapat pulang oleh tim medis.

“Benar ada yang dirawat. Kita doakan jemaah tersebut lekas pulih dari penyakitnya. Kondisi terkini jemaah tersebut sudah semakin membaik,” pinta dia.

Sementara itu, Assisten I Setkab Berau Hendratno, memberikan ucapan selamat kepada seluruh jemaah yang tiba di tanah air dalam kondisi sehat. Dirinya berharap jemaah yang saat ini menyandang status haji dan hajjah, dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

“Semoga jadi haji yang mabrur/mabruroh,” ucap Hendratno. (*)

Reporter: Sulaiman