Foto: Perbaikan jembatan Sambaliung yang terus berprogres

TANJUNG REDEB – Rencana pembukaan jembatan Sambaliung pada Agustus mendatang mendapat dukungan dari Anggota Komisi III DPRD Berau, Muhammad Ichsan Rapi. Namun begitu, ia meminta pembukaan dilakukan saat usia beton mengeras dengan sempurna, sehingga ketika dilewati masyarakat hal itu sudah sangat memungkinkan.

“Syukur kalau memang bisa dibuka lebih cepat, tapi tentu dengan tidak mengesampingkan kualitas,” terangnya.

Dirinya mengatakan, pembukaan terbatas itu ditegaskan tidak boleh melupakan untuk melakukan pembatasan kendaraan yang melintas. Sehingga, beban jembatan tidak melebihi kemampuan.

“Mungkin harus tetap dibatasi dengan kendaraan yang melintasi jembatan,” ujarnya.

Disampaikannya, dari proses pengecoran setidaknya perlu ditunggu sampai 21 hari sehingga proses pengerasan telah sempurna untik dilintasi. Opsi tersebut dikatakannya, adapun pengaspalan bisa dilakukan secara sebagian.

“Saya juga sempat sampaikan, ada zat yang saya sarankan sehingga proses pengeringan dan pengerasan bisa lebih cepat daripada umumnya,” tuturnya.

Karena itu, dirinya mendukung keputusan pelaksana jika memang akan membuka Jembatan Sambaliung untuk kendaraan roda dua terlebih dahulu. Namun, hal itu tentu dengan pertimbangan matang pelaksana dalam mengerjakan proses perbaikan jembatan tersebut.

“Kalau mereka menilai itu bisa dibuka, ya silakan,” jelasnya.

Sebab, perbaikan jembatan dilakukan untuk menunjang mobilitas masyarakat agar lebih aman. Dengan proses perbaikan yang menutup jembatan sudah lebih dari sebulan itu, menjadi harapan bagi masyarakat ketika akan dibuka.(*/adv)