Foto: Atlet layar Berau saat bertanding di Perairan Pulau Derawan. 

TANJUNG REDEB- Seleksi Provinsi (Selekprov) Layar Kaltim 2023 telah rampung dilaksanakan dari 5 Juli 2023 dan berakhir pada 8 Juli 2023, lalu. Selekprov tersebut diselenggarakan di sekitar Gusung Sanggalau, Kecamatan Pulau Derawan, sejak 5 Juli lalu.

Sejumlah atlet perwakilan dari daerah masing turut unjuk kebolehan di ajang itu. Seleksi ini, tersebut dilakukan sebagai salah satu tahapan menuju ajang multi-olahraga nasional atau PON 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

Sesuai prediksi, pemuncak klasemen dalam Selekprov tersebut adalah atlet Berau. Dengan raihan 11 emas, 7 perak, dan 1 perunggu. Disusul Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di posisi kedua dan Kutai Timur di peringkat ketiga.

Ketua Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Berau, Kosim Nor Seha turut bangga atas prestasi yang diraih atlet-atletnya itu. Raihan itu dikatakannya sesuai target yang diberikan kepada para atlet layar Berau.

Meskipun, untuk meraih prestasi itu juga tidak mudah. Perlu latihan keras dan disiplin, serta semangat juang yang besar.

“Dengan capaian ini, mayoritas atlet kota lolos selekprov. Tentu atlet-atlet ini akan berlatih lebih giat lagi, agar bisa menjadi bagian dari Kontingen Kaltim pada PON 2024 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Porlasi Kaltim, Teddy Abay, mengatakan selekprov ini merupakan tahapan menuju ke PON 2024 di Aceh. Syaratnya, harus memilih atlet-atlet Kaltim yang masuk Puslatda. Baik itu mandiri maupun terpusat.

Pada selekprov ini, diikuti sebanyak 72 atlet dari 6 kabupaten kota. Dirinya juga mengaku, dari ajang itu, pihaknya sudah mendapatkan atlet-atlet sesuai dengan rangking.

“Yang mana, mereka telah dianggap layak dan dipilih untuk menjadi tim intinya Kaltim,” terangnya.

Disebutkannya, prestasi terakhir yang sudah dicapai oleh para atlet layar Berau pada ajang PON di Papua lalu, adalah juara umum. Tentu raihan itu akan dipertahankan di PON 2024 mendatang.

Salah satu upaya agar bisa mempertahankan prestasi tersebut, tak lain membina atlet-atlet junior, dan menjadikannya penghasil lumbung medali emas di masa akan datang.

“Harus optimis, Kaltim dapat kembali mempertahankan prestasi di PON 2024 mendatang,” pungkasnya. (*)