Foto: Danrem 091/Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Yudhi Prasetyo saat kunker ke Berau beberapa waktu lalu. 

TANJUNG REDEB- Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) perdana di Makodim 0902/Berau, Rabu (5/7/2023).
Kedatangannya juga didampingi Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Koorcab Rem 091/ASN PD VI/Mulawraman, Lisa Yudhi Prasetiyo, serta para pejabat utama Korem 091/ASN.

Komandan Kodim 0902/Berau, Letkol Inf Dony Fatra menjelaskan, kedatangannya guna memberikan arahan dan penekanan kepada prajurit Kodim 0902/Berau

Disampaikan Letkol Inf Dony Fatra kunjungan kerja ke Kodim 0902/Berau merupakan kunjungan perdana Danrem 091/ASN, ke satuan jajaran setelah menjabat sebagai Komandan Korem beberapa waktu lalu.

“Kunjungan ini juga dalam rangka mengecek langsung para prajurit dan persit Kodim 0902/Berau. Serta silaturahmi kepada Forkopimda Berau dan tidak lupa meninjau langsung kondisi wilayah teritorial Kodim 0902/Berau,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, turut mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Dandim 0902/Berau, beserta Anggota.

Tidak lupa, dirinya juta memerintahkan agar seluruh prajurit melaksanakan tugas dengan baik, dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

“Pertama sekali saya ucapkan terima kasih kepada Dandim 0902/Berau beserta jajaran atas sambutannya ini merupakan kunjungan kerja pertama saya di Kodim 0902/Berau,” ujarnya.

Dan pada kesempatan ini, dirinya menyampaikan kepada Prajurit dan PNS Kodim 0902/Berau, agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, serta menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga nama baik TNI AD.

Dia juga menilai, kepedulian Dandim 0902/Berau terhadap Makodim dan anggota sangat luar biasa. Itu terbukti adanya kantor baru Makodim 0902/Berau.

Namun, bukan pembangunan fisik saja yang harus dipoles, tetapi mental dan hubungan yang baik antar sesama, khususnya dengan warga masyarakat Kabupaten Berau juga harus ditingkatkan sinergitasnya.

“Jaga terus sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Daerah dengan mengisi kegiatan positif yang mewujudkan Kabupaten Berau aman dan kondusif,” ujarnya

Lanjut Danrem menyampaikan, Dengan adanya Kodim 0902/Berau khususnya Koramil – Koramil yang berada diwilayah agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Baru bisa dikatakan berhasil, apabila kehadiran Babinsa diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Untuk itu, para Babinsa adalah ujung tombak satuan TNI AD. Diharapkannya, kehadiran Babinsa di tengah masyarakat dapat memberikan solusi bagi masyarakat. Serta terus membantu program pemerintah dalam mensukseskan Program Swasembada pangan.

“Babinsa harus bisa memanfaatkan anggaran desa dengan berkoordinasi dengan pemerintahan kampung untuk membangun desa binaannya masing-masing,” tegas Danrem.

Tidak hanya itu, selain menguasai wilayah yang dibinanya, Babinsa juga harus paham hukum dan taat hukum, guna menjadi contoh terhadap masyarakat.

Serta membantu Komandan Kodim (Dandim) dalam pelaksanaan tugas. Yakni, memberikan masukan dan informasi serta menyatukan dan mengajak bersama-sama warga binaan untuk bisa menciptakan suasana yang kondusif di wilayah binaannya.

“Ini pesan saya untuk para Babinsa di Berau,” katanya.

Paling penting kata Yudhi Prasetio, untuk selalu menjaga nama baik seorang istri. Yang selalu mendukung dan menjaga keluarga saat suami bertugas.

Kemudian jaga ekonomi keluarga, karena masih banyak orang yang lebih kekurangan bila di bandingkan dengan kehidupan seorang prajurit TNI.

“Jagalah keluarga kita dengan baik, harus bisa mengatur kebutuhan rumah tangga dengan baik. Suami harus banyak mengalah dan istri harus mensuport tugas suami dengan Do’a,” pungkasnya.

Untuk di ketahui usai memberikan arahan kepada prajurit Kodim 0902/Berau, Danrem 091/ASN memberikan Penghargaan kepada Babinsa dan putra putri personil Kodim 0902/Berau berprestasi.

Dan, dilanjutkan dengan pemberian Cindera mata dari Komandan Kodim 0902/Berau kepada Danrem 091/ASN serta pemberian cindera mata dari Ketua Persit KCK Cab XV Berau kepada Ketua Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mulawarman. (/)