Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih memimpin apel gabungan, di Halaman Kantor Pemkab Berau, Senin (3/7/2023).

TANJUNG REDEB- Sudah menjadi hal yang rutin bagi Pemkab Berau menggelar apel gabungan di halaman Kantor Bupati Berau, setiap awal bulan.

Dalam apel yang digelar pada Senin (3/7/2023) itu, Bupati Berau Sri Juniarsih menjadi pemimpinnya. Di sana, secara khusus, orang nomor satu di Kabupaten Berau itu meminta semua OPD di lingkungan Pemkab Berau terus meningkatkan serapan anggarannya.

Sebab kata dia, meski telah memasuki pertengahan tahun, tapi serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Berau, hingga awal Juli, baru 23 persen. Capaian inipun dinilai masih jauh dari target.

Untuk itu, setiap OPD diharapkannya untuk mengejar dan mereview kembali 18 program kerja unggulan, sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Apalagi, sisa masa jabatan kepemimpinannya yang tinggal 1,5 tahun lagi. Namun, masih banyak program kerja yang harus segera dituntaskan.

“Saya minta kerjasama dari semua OPD untuk mengejar target 18 program unggulan yang menjadi kewajiban kita semua,” ungkapnya dihadapan para pimpinan OPD.

Diungkapkannya, dari total APBD Berau Rp 3,6 triliun, realisasinya baru sekitar Rp 850 miliar atau 23 persen saja. Padahal sudah dua triwulan dilewati, tapi belum mendekati setengah dari pagu.

Realisasi yang hanya 23 persen itu, tentu saja menjadi perhatian serius olehnya. Untuk itu, perlu ada kerja keras dari semua OPD untuk menyegerakan program yang sudah disusun.

“Jangan terlalu santai, ini sudah semester pertama. Saya harapkan kepada Kepala OPD untuk mengejar realisasi dan menjadi prioritas kita semua,” ujarnya.

Di samping itu, berdasarkan data Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Berau, ada 289 paket pekerjaan yang ditender. Tapi baru 120 paket yang selesai tender. Sisanya, masih perlu dipercepat pekerjaannya.

Untuk itu, Sri meminta kepada Kepala Bagian UKPBJ Berau, untuk mempercepat proses dan tidak segan untuk berkomunikasi dengan SKPD terkait.

“Jangan sampai ada kelalaian dan gagal lelang. Karena ini menunjukkan kinerja SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Berau,” tuturnya.

Di sisi lain, dirinya juga meminta seluruh OPD dapat melakukan evaluasi setiap kinerja yang telah dilakukan. Apa saja yang menjadi kekurangan dapat segera mengkoordinasikan.

“Saya ingin, 18 program kerja bisa tuntas akhir tahun. Saya akan pantau terus OPD yang membidangai 18 program itu,” pungkasnya.

Reporter: Hendra Irawan