Foto: Suasana pengerjaan proyek Jembatan Sambaliung.

TANJUNG REDEB – Proyek renovasi Jembatan Sambaliung semakin menunjukkan perkembangan. Lantai bangunan jembatan di bentang 1 dan 2 kini sudah rampung dilapisi semen. Progres itu nampak terlihat, selama lebih sebulan pengerjaan sejak awal Juni 2023 lalu.

Melalui pantauan awak media Berau Terkini, para pekerja proyek tengah sibuk melakukan pembobokan lantai jembatan di bentang 3 arah Kelurahan Sambaliung. Hampir setengah jembatan pada lantai jembatan bentang 3 telah dilapisi plat baja.

Menurut laporan kinerja yang diterima awak media ini melalui Pejabat Pembuat Komitmen alias PPK Renovasi Jembatan Sambaliung, I Nyoman Suardika, saat ini progres renovasi jembatan sudah mencapai 33,33 persen ditambah deviasi pengerjaan.

Menurut dia, progres renovasi jembatan tersebut melampaui target pengerjaan hingga hari ini. Dalam rencana, pada 3 Juli 2023 ini progres ditarget mencapai 23,36 persen.

“Sengaja memang diterapkan sistem lembur. Kerja siang malam untuk mengejar progres sampai hari ini,” terang Nyoman sapaan dia.

Lebih detil, Nyoman menerangkan pembobokan jembatan bentang 1 dan 2 telah rampung dilaksanakan. Di bentang pertama, telah terpasang stringer dan plat bondek sepanjang 60 meter. Termasuk pula pengerjaan besi tulangan dan pengecoran lantai. Kemudian penggantian elastomer bentang 1,2 dan 3 telah rampung.

Sesuai dengan perencanaan, saat ini pihak kontraktor telah melakukan pemancangan pilar penguatan jembatan. Dari sisi arah Sambaliung telah rampung dikerjakan. Sementara pilar kedua sedang dalam proses pengerjaan. Termasuk pula pengecatan jembatan, sedang dalam proses pengerjaan.

“Pengecoran di bentang 2 dan 3 bakal dilakukan pada 15 Juli mendatang,” sebut dia.

Selain menambah jam kerja para pekerja jembatan, saat ini pihak kontraktor merubah sistem kerja pembobokan. Secara teknis, dikerjakan pembobokan 3 segmen (15 M) satu sisi kiri, diikuti erection stringer, pembobokan dilanjutkan 3 segmen 15 meter, satu sisi kanan dan diikuti erection stringer, dan seterusnya.

“Kami juga melakukan penambahan tenaga kerja disesuaikan dengan area kerja di jembatan,” sebutnya.

Ke depan, bila pengecoran telah rampung dilaksanakan pada 15 Juli 2023 mendatang, pada 21 hari setelahnya. Jembatan telah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Tentunya di bawah pengawasan petugas nantinya. Demi menjamin keselamatan pengendara,” ujar dia. (*)

Reporter: Sulaiman